dc.description.abstract | Sektor jasa musik streaming selain potensi sebagai membentuk lapangan
kerja juga mempunyai potensi penjualan musik para penulis, produser, artis, dan
pencipta musik itu sendiri. Dapat dilihat pada konsumen yang saat ini
mendengarkan hiburan lagu tanpa harus melalui yang namanya radio, CD atau
kaset, dsb. Musik atau lagu pada saat ini dapat diputar atau didengarkan dimana
saja dan kapan pun dengan memilih lagu yang diinginkan oleh konsumen. Dengan
seiringnya usaha jasa musik streaming yang berkembang pesat dan produk
semacamnya, perusahaan dalam bidang jasa musik streaming melakukan
peningkatan dan perkembangan pada produk yang dijual dan bersaing untuk
mempengaruhi keputusan pembelian konsumen untuk bertujuan meningkatkan
pendapatan perusahaan.
Pada 1 April 2006 perusahaan Spotify Ltd. memanfaatkan kondisi dimana
semua serba teknologi dan internet dengan meluncurkan produknya yaitu Spotify,
produk ini berbasis aplikasi yang diluncurkan pada 14 September 2011 dan
didukung dengan mitra – mitra seperti Rolling Stone, Songkick, dsb. Diketahui
aplikasi Spotify ini lebih awal dalam bidang jasa musik streaming dibandingkan
dengan aplikasi sejenis lainnya seperti JOOX dan Apple Music. Spotify Ltd.
menyajikan dua macam pelayanan yaitu akun gratis dan akun premium didalam
aplikasi tersebut untuk mampu bertahan bersaing dan tetap eksis dalam bidang
jasa musik streaming di era industri ke empat ini. Beberapa faktor yang
mempengaruhi keputusan pembelian pada akun premium spotify diantaranya,
yaitu fitur, harga, kualitas pelayanan, dan citra merek. Tujuan dalam penelitian ini
untuk menguji pengaruh fitur, harga, kualitas pelayanan, dan citra merek terhadap
keputusan pembelian Akun Premium Spotify di Jember.
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Akun Premium Spotify di
Jember. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 90 responden.
Metode yang digunakan yaitu purposive sampling. Variabel bebas dalam
penelitian ini menggunakan variabel fitur, harga, kualitas pelayanan, dan citra
merek. Untuk variabel terikat yaitu keputusan pembelian, analisis yang digunakan
dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Hasil dari pada penelitian ini
menunjukkan bahwa fitur, harga, dan citra merek berpengaruh positif signifikan
terhadap keputusan pembelian, sedangkan untuk keputusan pembelian
berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Akun
Premium Spotify di Jember. | en_US |