dc.description.abstract | Berdasarkan Praktek Kerja Nyata yang telah dilaksanakan di PT. PLN (Persero)
UP3 Jember, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Prosedur Pelayanan Penyambungan Listrik Baru harus melewati beberapa
proses yaitu diawali dengan Calon pelanggan mengajukan permohonan
penyambungan listrik baru dengan cara yang mudah yaitu mengakses
website Pasang Baru (PB) Online, kemudian calon pelanggan dapat
menekan tombol pasang baru dan menyetujui semua syarat dan ketentuan
yang telah ditetapkan oleh pihak PLN. Calon pelanggan yang setuju
dengan semua syarat dan ketentuan penyambungan tersebut dapat
menekan tombol “SETUJU”. Setelah itu, website Pasang Baru (PB)
Online akan menampilkan form pengajuan permohonan penyambungan
listrik baru. Calon pelanggan harus mengisi data yang diperlukan seperti
nama, nomor identitas, alamat lengkap, dan daya yang dibutuhkan. Jika
form telah terisi maka harus menekan tombol “simpan permohonan”,
setelah itu calon pelanggan akan menerima email konfirmasi yang dikirim
oleh petugas, dan langkah selanjutnya yaitu calon pelanggan melakukan
verifikasi ulang dengan cara memasukkan kode konfirmasi pada website
Pasang Baru (PB) Online. Setelah kode konfirmasi sudah valid dan
permohonan pasang baru disetujui, maka calon pelanggan akan
mendapatkan email kembali berupa Surat Ijin Penyambungan (SIP) yang
didalamnya terdapat nomor agenda dan nomor registrasi guna keperluan
pembayaran yang wajib dilakukan oleh calon pelanggan. Sebelum
melakukan proses pembayaran, calon pelanggan harus melakukan
penandatanganan Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SPJBTL) yang
telah disepakati oleh kedua belah pihak dan calon pelanggan harus sudah
mempunyai Sertifikat Laik Operasi (SLO) sebagai bukti bahwa instalasi
listrik yang dimiliki oleh pelanggan sudah siap dilakukan pemasangan
58
aliran listrik. Setelah proses tersebut dilakukan maka calon pelanggan
harus menyelesaikan proses pembayaran yang telah disepakati pada surat
perjanjian jual beli tenaga listrik sebelumnya. Jika semua prosedur telah
dilaksanakan maka tahap akhir yaitu proses penyambungan Kwh meter
oleh petugas ke instalasi listrik milik pelanggan, dan selanjutnya aliran
listrik siap digunakan oleh pelanggan sesuai dengan kebutuhan yang
diperlukan.
2. Kegiatan Praktek Kerja Nyata ini terdapat beberapa kegiatan yang
dilakukan untuk membantu pihak PLN dalam menyelesaikan tugas-tugas
kerja. Penulis ikut serta dalam menyelesaikan tugas bagian Transaksi
Energi Listrik yaitu membantu pengecekan tahun kwh meter pada Aplikasi
Catat Meter Terpusat (ACMT), pengecekan penggantian kwh meter pada
Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpusat (AP2T), pengecekan pembelian
token pada aplikasi Executive Information System (EIS), monitoring
Perubahan Data Pelanggan (PDL) OLAP Per-Rayon, menginput data
template logistik merek Hexing, membantu mengemas segel DNA,
membantu membuat Berita Acara serah terima segel DNA, dan yang
terakhir kegiatan tambahan yaitu Pelayanan Penggantian Kwh Meter
Prabayar pada Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpusat (AP2T). | en_US |