Show simple item record

dc.contributor.advisorHASANUDDIN, Akhmad
dc.contributor.advisorHAYATI, Nunung Nuring
dc.contributor.authorZAHRA, Inas Ade
dc.date.accessioned2019-09-24T07:10:51Z
dc.date.available2019-09-24T07:10:51Z
dc.date.issued2019-09-24
dc.identifier.nim151910301021
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92956
dc.description.abstractJalan Bandara Notohadinegoro merupakan jalan kelas III. Pada lokasi penelitian mempunyai panjang 3 km dengan lebar jalan adalah 3 m untuk lalu lintas 2 arah. Dari kondisi lebar jalan tersebut akan menyebabkan masalah transportasi lalu lintas oleh kendaraan pribadi maupun umum. Pelebaran akses jalan menuju bandara adalah termasuk bagian dari perencanaan pengembangan Bandar Udara Notohadinegoro Jember. Perencanaan pengembangan tersebut sudah direncanakan oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Jember pada tahun 2005. Menurut laporan data lalu lintas Bandar Udara Notohadinegoro sejak awal bandara beroperasi pada bulan Juli 2014 sebesar 1080 penumpang sedangkan pada bulan Maret 2018 adalah sebesar 3746 penumpang sehingga dalam kurun waktu empat tahun jumlah penumpang Bandar Udara Notohadinegoro mengalami peningkatan sebesar 246%. Dengan persentase kenaikan jumlah penumpang yang cukup tinggi dan lebar akses jalan menuju Bandar Udara Notohadinegoro adalah 3 m maka akan mengakibatkan kendaraan ringan sulit untuk berpapasan pada ruas jalan tersebut. Dari permasalahan yang ada perlu adanya perencanaan peningkatan Jalan Bandara Notohadinegoro. Penelitian untuk merencanakan peningkatan Jalan Bandara Notohadinegoro ini meliputi peningkatan rencana jalan 2 arah dengan lebar jalan 7 meter yang mengacu pada Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota tahun 1997, metode Manual Perkerasan Jalan tahun 2017 untuk tebal perkerasan 20 tahun rencana dan menyusun Rencana Anggaran Biaya pada pekerjaan pelebaran jalan. Metode pelaksanaan penelitian ini adalah melakukan survei volume lalu lintas selama 10 jam, survei CBR menggunakan alat DCP, dan analisa data (data LHR, dan data CBR). Hasil analisis penelitian ini, diperoleh perencanaan geometrik dengan lebar jalan 7 m dan lebar median 2 m. Perencanaan tebal perkerasan lentur untuk tebal lapis permukaan AC WC 40 mm, tebal AC BC 60 mm, dan tebal lapis pondasi agregat 400 mm. Pelebaran jalan memerlukan biaya sebesar Rp. 11.265.996.400,00 (Sebelas Milyar Dua Ratus Enam Puluh Lima Juta Sembilan Ratus Sembilan Puluh Enam Ribu Empat Ratus Rupiah).en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPerencanaan Jalanen_US
dc.subjectJalan bandaraen_US
dc.subjectPerencanaan Geometrik Jalanen_US
dc.subjectPerencanaan Alinyemen Horizontalen_US
dc.titlePerencanaan Peningkatan Jalan Bandara Notohadinegoro Jemberen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record