• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Rancang Bangun Motor Brushless Direct Current Axial Flux Stator Ganda

    Thumbnail
    View/Open
    Violla - 151910201067.pdf (1.461Mb)
    Date
    2019-09-06
    Author
    Violla
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pada era modern kehidupan manusia tidak terlepas dari energy listrik. Energy listrik menjadi favorit masyarakat, karena ramah lingkungan. Masyarakat mulanya menggunakan motor bakar, perlahan beralih ke motor listrik dikarenakan biaya bahan bakar yang perlahan naik, serta tidak ramah lingkungan. Menurut data bphmigas, konsumsi bahan bakar minyak JBU (Jenis Bahan Bakar Umum) dari tahun ke tahun selalu meningkat. Tabun 2017 mencapai angka 55.400.604,901 angka ini lebih besar dari konsumsi di tahun 2016 yang mencapai angka 45.655.005,967 (Statistik BBM, 2018). Peningkatan konsumsi sebanding juga dengan kenaikan harga minyak mentah. Dari data tersebut, untuk kedepannya dibutuhkan motor yang tidak menggunakan bahan bakar yaitu motor listrik. Walaupun dalam proses penghasilan listrik juga memerlukan bahan bakar minyak, namun masih banyak proses penghasil tenaga listrik dari bahan yang bisa diperbaharui (renewable). Perancangan motor brushless direct current axial flux ini memiliki stator ganda dengan jenis seri dan paralel serta stator tunggal sebagai pembanding. Tiap kumparan pada stator terdiri dari 75 lilitan kawat email dengan dameter kawat 0,5 mm. Pada bagian rotor digunakan magnet perrnanen jenis neodymium dengan dimensi 15 x 2 ram. Untuk mengetahui pengaruh jenis stator terhadap kinerja motor digunakan tegangan sumber sebesar 6 sampai 12 Volt. Pengujian pertama untuk mengetahui kinerja tiap motor dengan variasi jenis stator. Hal tersebut meliputi, tegangan motor, arus motor, frekuensi dan kecepatan motor. Untuk daya dan torsi termasuk perhitungan. Setelah data tersebut terkumpul selanjutnya dibandingkan antar tiap jenis stator yang berbeda. Dad hasil pengujian, jenis stator sangat mempenaruhi kinerja dari motor. Motor dengan resistansi stator paling rendah memiliki kecepatan putaran paling tinggi. Hal ini disebabkan karena arus yang mengalir pada tiap belitan stator tinggi, sehingga putaran motor menjadi ringan. Namun, untuk motor dengan reistansi stator yang lebih besar memiliki torsi yang lebih besar. Hal tersebut disebabkan arus ada tiap belitan stator kecil, namun tegangannya cukup besar sehingga cukup untuk memutarkan motor.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92663
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository