• Login
    View Item 
    •   Home
    • DIPLOMA PROGRAMME PRACTICE REPORT (Laporan Diploma)
    • DP-Accounting
    • View Item
    •   Home
    • DIPLOMA PROGRAMME PRACTICE REPORT (Laporan Diploma)
    • DP-Accounting
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Prosedur Penerimaan Kas Atas Piutang Rekening Air pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Debora Ernauli Boru Siahaan-160803104014 wat.pdf (1.932Mb)
    Date
    2019-08-30
    Author
    Siahaan, Debora Ernauli Boru
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dari hasil kegiatan Praktek Kerja Nyata (PKN) yang dilaksanakan di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) dapat diambil kesimpulan sebagai berikut : 1. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) adalah Badan Usaha MilikDaerah (BUMD) yang salah satunya bergerak dibidang jasa. Perusahaan ini mengelolah sumber daya alam menjadi salah satu kebutuhan yang diperlukan oleh masyarakat sekitarnya. Dengan kegiatan utama PDAM ini adalah mendistribusikan dan menjual air kepada masyarakat (pelanggan) dengan sistem rekening bulan ini ditagih pada bulan berikutnya. Tagihan inilah yang mengkibatkan timbulnya piutang pada PDAM. 2. Prosedur Penerimaan Kas Atas Piutang Rekening Air Sumber penerimaan kas di dalam Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Jember ini sebagian besar berasal dari pelunasan piutang dari setiap pelanggan, karena kegiatan pokok perusahaan ini menjual air bersih yang dijual melalui penjualan secara kredit. Dalam Pengendalian Internal yang Baik prosedur penerimaan kas dari piutang harus menjamin diterimanya kas dari pelanggan oleh perusahaan, bukan oleh karyawan yang tidak berhak menerimanya. a. Bagian Yang Terkait 1. Sub Bagian Pembukuan 2. Sub Bagian Kas 3. Kasir 4. Sub Bagian Rekening/PDE 5. Sub Bagian Penagihan 6. Sub Bagian Pembaca Meter 7. Bagian Outsourcing b. Dokumen Yang Digunakan 1. DSML (Daftar Stan Meter Langganan) 2. DRDA (Daftar Rekening Air Ditagihkan) 3. LPPA (Laporan Penagihan Penagih Air) 4. Bukti Setor Bank 5. JPK (Jurnal Penerimaan Kas) 6. Buku Besar 7. JRA (Jurnal Rekening Air) 8. PPOB (Payment Point On Bank) c. Alur Penerimaan Kas Atas Piutang Rekening Air Bagian Outsourcing terjun kelapangan untuk membaca dan mencatat meter air tiap unit. Lalu dilaporan kepada bagian langganan untuk dibuat DSML, DSML di berikan kepada sub bagian penaggihan untuk membuat DRDA. Sub bagian PDE membuat JRA setelah menerima file master_p dari bagian langganan. Untuk pembbayaran taihan dapat dilakukan secara online maupun secara langsung. Pembayaran dilakukan setelah sebulan pemakaian. Pembayaran secara langsung dilakukan kepada pelanggan yang tidak membayar tagihan selama ≥ 2 bulan, jika kurang dari itu bisa melakukan pembayaran secara online sesuai dengan provider yang memiliki aplikasi pembayaran tagihan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92312
    Collections
    • DP-Accounting [660]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository