Show simple item record

dc.contributor.advisorJATISUKAMTO, Gaguk
dc.contributor.advisorROSYIADI, Ahmad Adib
dc.contributor.authorNAZIM, Fahd
dc.date.accessioned2019-08-28T01:49:34Z
dc.date.available2019-08-28T01:49:34Z
dc.date.issued2019-08-28
dc.identifier.nimNIM151910101029
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92231
dc.description.abstractPenerbangan perintis menurut data realisasi penerbangan terhadap target frekuensi terbang dan jumlah penumpang diangkut tahun 2017 pada bulan Januari hingga Juli 2017, penerbangan perintis telah melakukan pelayanan angkutan udara sebanyak 11.729 frekuensi terbang dari target awal sejumlah 12.858 frekuensi terbang (91%) dengan mengangkut kurang lebih 82.726 penumpang dari target awal sejumlah 139.228 penumpang (59%). Pesawat terbang harus memenuhi persyaratan dan kriteria tertentu yang berkaitan dengan keselamatan penerbangan. Salah satunya adalah mengenai pedal force pilot yaitu gaya yang harus diatasi oleh pilot saat mengendalikan pesawat. Pedal force yang melebihi batas CASR23.143 maka pesawat tidak bisa mendapatkan izin terbang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pemodelan persamaan gerak balance tab dengan rudder. Penelitian ini berusaha untuk mencari persamaan yang paling baik untuk memenuhi ragulasi CASR 23.143 dimana nilai pedal force pilot < 150 lbs. Penelitian ini bertujuan untuk mencari nilai hinge moment untuk mencari pedal force pilot yang paling baik. Hasil penelitian menunjukkan nilai pedal force pilot paling baik pada pemodelan persamaan III pada kondisi VMC = 107,2 lbs, pada kondisi VMCL = 211,2 lbs, kondisi VMCL mengharuskan pilot untuk men-setting trim karena semua pemodelan persamaan yang diajukan tidak memenuhi regulasi CASR 23.143, pada kondisi SHSS pada kecepatan 100 knots dan sudut side slip (β) max = 89,1 lbs.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries151910101029;
dc.subjectPenerbangan perintisen_US
dc.subjectdata realisasi penerbanganen_US
dc.subjecttarget frekuensi terbangen_US
dc.subjectjumlah penumpangen_US
dc.subjectPenerbanganen_US
dc.titlePengaruh Sudut Rudder Balance Tab Pada Hinge Moment Rudder Terhadap Pedal Force Pilot Pesawat n219en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record