Show simple item record

dc.contributor.advisorRetnani, Windi Eka Yulia
dc.contributor.advisorPrasetyo, Beny
dc.contributor.authorKHOFIYATIN, Ainun
dc.date.accessioned2019-08-09T07:58:22Z
dc.date.available2019-08-09T07:58:22Z
dc.date.issued2019-08-09
dc.identifier.nim152410101102
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/91614
dc.description.abstractPerkembangan teknologi informasi di segala bidang menuntut berbagai jenis lembaga untuk melakukan pengembangan terhadap organisasinya. Lembaga pemerintahan di berbagai negara tak terkecuali juga di Indonesia berlomba-lomba membuat perencanaan organisasi pemerintahan berbasis teknologi untuk mendukung proses bisnis. Lembaga terkait beserta dewan direksi pada lembaga tersebut menggunakan layanan-layanan teknologi informasi (TI) dengan optimal untuk mendukung tujuan lembaga (Lulu, 2013). Hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas kinerja lembaga pemeritahan dalam memberikan layanan kepada masyarakat, serta mempermudah kerja pegawai di lingkungan lembaga tersebut. Layanan TI pada lembaga pemerintahan di Indonesia sesuai dengan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No. 41/PER/MEN/KOMINFO/2007 yang menyatakan bahwa dalam rangka mendukung tujuan penyelenggaraan pemerintah terhadap pelayanan publik, diperlukan rencana pengelolaan teknologi informasi dan komunikasi yang baik (good governace). Satu hal yang dapat dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut yakni melakukan evaluasi terhadap tata kelola TI. Tata kelola TI merupakan sistem yang digunakan untuk mengatur dan mengontrol penggunaan teknologi informasi baik yang sedang berjalan atau yang akan berjalan kedepannya. Pernyataan tersebut menyatakan bahwa tata kelola TI melibatkan aktivitas evaluasi serta perbaikan dan perencanaan strategi yang sesuai dengan kebijakan sehingga mampu berperan baik dalam mencapai tujuan lembaga (ISO/IEC, 2008). Evaluasi tata kelola TI yaitu memastikan mendukung kegiatan bisnis, memiliki nilai atau manfaat IT yang diterima serta mampu memanajemen risiko (Setiawan & Mustofa, 2013).en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectTEKNOLOGI INFORMASIen_US
dc.subjectFRAMEWORK COBITen_US
dc.titleEvaluasi Tata Kelola Teknologi Informasi menggunakan Framework Cobit 5.0 Domain DSS (Deliver, Service and Support) (Studi Kasus : Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Bondowosoen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record