Show simple item record

dc.contributor.advisorAlwan Sri Kustono
dc.contributor.advisorMuhammad Miqdad
dc.contributor.authorSAFITRI, Maya Ayu
dc.date.accessioned2019-06-12T07:39:29Z
dc.date.available2019-06-12T07:39:29Z
dc.date.issued2019-06-12
dc.identifier.nim160820301010
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/91230
dc.description.abstractPerkembangan industri di Indonesia yang semakin pesat berdampak pada pertumbuhan investasi dalam rangka pengembangan usaha. Salah satu hal yang dilakukan oleh manajer dalam pengembangan usaha tersebut adalah dengan menambah modal usaha baik dengan tujuan membiayai kegiatan operasionalnya, penambahan investasi atau pembayaran angsuran yang telah jatuh tempo melalui Initial Public Offerings (IPOs) dan Seasoned Equity Offerings (SEOs). Investor dalam hal menentukan pembelian saham mengacu pada kinerja perusahaan dengan melakukan analisis pada laporan keuangan. kondisi investor ketika akan menganalisis kinerja perusahaan, mereka tidak dapat memperoleh informasi kondisi riil perusahaan, sehingga manajer memilki kebebasan dalam menentukan kebijakan akuntansi dengan membuat laporan keuangan semenarik mungkin. Tindakan manajemen ini dikenal dengan nama Earnings Management (EM). Penelitian Cohen dan Zarowin (2010), menyatakan bahwa tindakan Earnings Management pada perusahaan yang melakukan SEOs dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satu diantaranya kualitas audit yang dinilai dari Big 4. Perilaku EM juga berdampak terhadap kinerja perusahaan yang dinilai dari ROA saat terjadinya SEOs dan satu tahun setelah SEOs. Penelitian ini merupakan pengembangan dari riset Cohen dan Zarowin (2010) dengan menggunakan sampel pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI), yang melakukan SEOs pada tahun 2003 s.d 2016. Penelitian ini mencoba memasukkan alternatif pengukuran kualitas audit dengan proksi spesialisasi industri audit, dan variabel leverage. Penelitian ini menggunakan data sekunder perusahaan. Pengolahan, dan pengujian hipotesis menggunakan metode Ordinary Least Square (OLS) dengan bantuan aplikasi Eviews 10. Penelitian ini bertujuan menguji dan menganalisis pengaruh kualitas audit dan leverage terhadap kinerja perusahaan dengan EM sebagai variabel intermediasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas audit dan leverage berpengaruh signifikan terhadap Accrual Earnings Management (AEM), namun kualitas audit dan leverage tersebut tidak berpengaruh siginifikan terhadap kinerja perusahaan baik saat SEOs ataupun setelah SEOs. Hasil selanjutnya adalah bahwa AEM mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap kinerja keuangan pada tahun saat melakukan SEOs,en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectInitial Public Offerings (IPOs)en_US
dc.subjectSeasoned Equity Offerings (SEOs)en_US
dc.subjectAccrual Earnings Management (AEM)en_US
dc.titleEfek Kualitas Audit dan Leverage terhadap Earnings Management serta Kinerja Keuangan pada Perusahaan yang Melakukan Seasoned Equity Offerings pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesiaen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record