dc.description.abstract | Arsip merupakan bagian terpenting yang disimpan dan dipelihara selama
dibutuhkan untuk bahan komunikasi dan informasi, catatan yang tertulis dalam
bentuk huruf, angka atau gambar pada sebuah kertas. Setiap klien datang ke
Notaris untuk mengurus akta-akta, Notaris hanya menyimpan Arsip secara manual
sehingga ketika klien mendatangi Notaris ingin meminta duplikat karena suatu hal
penting. Notaris membutuhkan waktu utuk mencari Arsip yag pernah ditangani.
Penyimpanan arsip dan data klien dalam bentuk manual sehingga kurang
efektif dan efisien dalam pengolahan datanya. Maka perlu diadakan sebuah
rancang bangun sistem pada Notaris dan PPAT Ifan Suhendi, SH., M.Kn . dalam
merancang sebuah sistem, dibutuhkan suatu metode untuk pengamanan sistem
agar data tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Peneliti
menggunakan Algoritma AES – 128. Metode ini dipilih karena terkenal aman
dibanding dengan yang lainnya.
Penelitian ini menghasilkan beberapa kesimpulan yakni: (1) Sistem
Informasi Administrasi dan Pengolahan Arsip dapat meningkatkan efektifitas dan
efisiensi dalam pencatatan data klien di Notaris dan PPAT. (2) Sistem Informasi
Administrasi dan Pengolahan Arsip merupakan sistem informasi berbasis web
dibuat berdasarkan kebutuhan Notaris dan PPAT Ifan Suhendi. (3) Sistem
Informasi Administrasi dan Pengolahan Arsip terdiri dari Autentifikasi (Login),
Data Client, Data Arsip, View Client, View Arsip dan View Status.
Saran dari penelitian ini adalah sistem dapat dikembangkan dengan beralih
ke android agar dimanapun berada mudah mengaksesnya dan diberikan notifikasi
untuk memudahkan baik klien ataupun notaris secara cepat mendapatkan
informasi pada saat itu juga. | en_US |