Show simple item record

dc.contributor.advisorNORCAHYANTI, Ika
dc.contributor.advisorRACHMAWATI, Sinta
dc.contributor.authorSARI, Diah Nurmala
dc.date.accessioned2019-04-12T09:36:29Z
dc.date.available2019-04-12T09:36:29Z
dc.date.issued2019-04-12
dc.identifier.nim122210101016
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/90462
dc.description.abstractPelayanan kesehatan adalah setiap upaya yang diselenggarakan sendiri atau secara bersama-sama dalam suatu organisasi untuk memelihara, meningkatkan kesehatan, mencegah dan menyembuhkan penyakit serta memulihkan kesehatan perorangan, keluarga, kelompok ataupun masyarakat. Salah satu jenis pelayanan yang diselenggarakan dalam pelayanan kesehatan adalah pelayanan kefarmasian. Pelayanan kefarmasian di rumah sakit idealnya dilaksanakan sesuai dengan peraturan dan standar yang telah ditetapkan, agar dapat mewujudkan kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan yang diberikan. Salah satu jenis evaluasi yang dapat dilakukan dalam pelayanan kefarmasian adalah evaluasi terhadap tingkat kepuasan pasien melalui metode survei. Pengukuran menggunakan metode survei dilakukan dengan menggunakan kuesioner atau wawancara secara langsung. Kepuasan pasien adalah suatu tingkat perasaan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerja layanan kesehatan yang diperoleh setelah pasien membandingkan dengan apa yang dirasakan. Pasien akan merasa puas apabila kinerja layanan kesehatan yang diperoleh sama atau melebihi harapan. Salah satu metode survei menggunakan kuesioner yang dapat digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan pasien yaitu metode SERVQUAL (sevice quality). Metode SERVQUAL merupakan metode yang dibangun atas adanya perbandingan dua faktor utama yaitu persepsi konsumen atas layanan yang nyata mereka terima dengan layanan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien pada pelayanan farmasi rawat jalan di RSUD Bangil kabupaten Pasuruan. Pada penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien didasarkan pada nilai korelasi yakni nilai yang diperoleh setelah membandingkan rerata skor kinerja atau kenyataan dengan rerata skor kepentingan atau harapan. Jenis penelitian yang saya lakukan adalah penelitian dengan desain cross sectional. Jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 100 responden. Penelitian dilakukan pada pelayanan farmasi rawat jalan di RSUD Bangil kabupaten Pasuruan. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling yaitu menggunakan purposive sampling. Penelitian dilakukan dengan cara survei menggunakan kuesioner serta wawancara secara langsung sebagai data pendukung. Analisis data yang sudah didapatkan dalam penelitian ini dianalisis secara statistik menggunakan uji Chi-square dan Fisher’s exact test. Uji ini dilakukan untuk mengetahui hubungan faktor sosiodemografi dengan tingkat kepuasan pasien pada pelayanan farmasi rawat jalan di RSUD Bangil Kabupaten Pasuruan. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan hasil tingkat kepuasan responden dengan interpretasi nilai yang tinggi. Sebanyak 34% responden merasa sangat puas, 50% responden merasa puas, dan 16% responden merasa cukup puas terhadap pelayanan farmasi rawat jalan di RSUD Bangil. Hasil analisis data dengan menggunakan uji Chi-square dan Fisher’s exact test didapatkan hasil faktor jenis kelamin (p=0,655), usia (p=0,969), pendidikan (p=0,029), pekerjaan (p=0,258) dan status pasien (p=0,363). Berdasarkan hasil nilai yang telah diperoleh menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna secara statistik antara tingkat pendidikan terhadap tingkat kepuasan pasien pada pelayanan farmasi rawat jalan di RSUD Bangil. Sedangkan tidak terdapat hubungan yang bermakna secara statistik antara usia, jenis kelamin, pekerjaan dan status pasien terhadap tingkat kepuasan pasien pada pelayanan farmasi rawat jalan di RSUD Bangil Kabupaten Pasuruan.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPelayanan Farmasien_US
dc.subjectApoteken_US
dc.subjectFarmasi kliniken_US
dc.subjectEvaluasi mutu pelayananen_US
dc.subjectKepuasan pasienen_US
dc.titleEvaluasi Kepuasan Pasien pada Pelayanan Farmasi Rawat Jalan di RSUD Bangil Kabupaten Pasuruanen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record