Show simple item record

dc.contributor.advisorSutarto
dc.contributor.advisorMahardika, I Ketut
dc.contributor.authorMi'rojiyah, Fajar Lailatul
dc.date.accessioned2019-04-10T01:23:35Z
dc.date.available2019-04-10T01:23:35Z
dc.date.issued2019-04-10
dc.date.submitted
dc.identifier.nim150220104008
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/90247
dc.description.abstractbersifat induktif yaitu produk sains dibangun dari kajian kejadiankejadian khusus untuk digeneralisasi menjadi ketentuan umum. Salah satu cabang ilmu sains adalah fisika. Fisika merupakan proses dan produk. Proses artinya prosedur untuk menemukan produk fisika (fakta, konsep, prinsip, teori atau hukum) yang dilakukan melalui langkah-langkah ilmiah. Fisika terdiri atas konsep-konsep. Konsep pada dasarnya mengategorisasikan sesuatu ke dalam penyajian non verbal, sehingga konsep cenderung bersifat abstrak sehingga kemampuan gambaran mental diperlukan. Materi tumbukan merupakan materi yang abstrak dalam fisika. Materi yang bersifat abstrak mengakibatkan siswa kesulitan untuk menelaah konsep tumbukan. Diperlukan gambar proses yang merupakan suatu gambar yang berisi rangkaian gambar-gambar, yang gambar satu dengan gambar selanjutnya merupakan rangkaian suatu proses perubahan suatu keadaan (benda, kejadian, atau fenomena untuk memudahkan siswa belajar konsep tumbukan yang abstrak. Mengemas gambar proses dalam sebuah modul bersifat self instructional yang merupakan bahan ajar cetak yang mandiri bagi siswa sesuai dengan karakter materi dan karakter siswa SMA yang mengharuskan mandiri. Sebuah modul akan bermakna, jika siswa dapat dengan mudah menggunakannya. Berdasarkan uraian tentang karakteristik materi tumbukan yang bersifat abstrak, maka dengan modul materi tumbukan berbasis gambar proses, diharapkan siswa dapat lebih memahami materi momentum, impuls, dan tumbukan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan modul fisika materi tumbukan berbasis gambar proses yang valid untuk pembelajaran fisika di SMA. (2) Mendeskripsikan modul fisika materi tumbukan berbasis gambar proses yang praktis untuk pembelajaran fisika di SMA (3) Mendeskripsikan modul fisika materi tumbukan berbasis gambar proses yang efektif untuk pembelajaran fisika di SMA. Penelitian tentang pengembangan modul fisika materi tumbukan berbasis gambar proses dilaksanakan dengan format model 4D yang dikembangkan oleh S. Thiagarajan et.al (1974: 6-9) terdiri atas 4 tahap utama yaitu; 1) Define , 2) Design , 3) Develop dan 4) Disseminate. Penelitian awal untuk menganalisis kebutuhan siswa dilakukan pada bulan Februari 2018 sampai dengan Maret 2018. Penelitian pengembangan modul fisika materi tumbukan berbasis gambar proses dilaksanakan sejak bulan April 2018 sampai dengan Mei 2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Jember. Validitas modul fisika materi tumbukan berbasis gambar proses ditinjau dari hasil validasi logis dan validasi empiris. Keterlaksanaan pembelajaran merupakan hasil penilaian guru saat melakukan observasi keterlaksanaan pembelajaran.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPengembangan Modul Fisikaen_US
dc.subjectTumbukan Berbasis Gambaren_US
dc.titlePengembangan Modul Fisika Materi Tumbukan Berbasis Gambar Proses Untuk Pembelajaran Fisika Di SMAen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record