Keefektifan Penggunaan Buku Fonem terhadap Kemampuan Membaca Anak Kelompok B di TK Terpadu Nailul Maram Kecamatan Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2017/ 2018
Abstract
Bahasa sangat penting bagi kehidupan manusia karena bahasa digunakan manusia untuk berinteraksi dengan manusia lainnya. Salah satu kemampuan yang harus dikembangkan pada aspek bahasa yakni membaca. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di TK Terpadu Nailul Maram anak kelompok B, pada materi membaca buku fonem dengan metode fonik dijumpai beberapa anak kelompok B yang belum mampu mengenal abjad, anak belum mampu membaca suku kata yang mempunyai akhiran ditengah dan akhir kalimat Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “Bagaimanakah Keefektifan Penggunaan Buku fonem Terhadap kemampuan membaca anak kelompok B di TK Terpadu Nailul Maram Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun pelajaran 2017/2018”. Dengan tujuan penelitian Mendeskripsikan keefektifan penggunaan buku fonem terhadap kemampuan membaca anak kelompok B di TK Terpadu Nailul Maram Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun pelajaran 2017/2018”. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang digunakan untuk mendeskripsikan data yang ada di lapangan mengenai bagaimana keefektifan penggunaan buku fonem terhadap kemampuan membaca anak kelompok B di TK Terpadu Nailul Maram pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B di TK Terpadu Nailul Maram Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah B1 15 anak dan B2 15 anak. Anak B1 terdiri dari 7 perempuan dan 8 lakilaki untuk B2 terdiri dari 8 perempuan dan 7 laki-laki. Data yang diperoleh dari x penelitian ini yaitu berupa deskripsi keefektifan penggunaan buku fonem terhadap kemampuan membaca anak yang didapat dari hasil Wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian keefektifan penggunaan buku fonem terhadap kemampuan membaca anak kelompok B di TK Terpadu Nailul Maram pada pertemuan ke I kelompok B1 dan kelompok B2, diperoleh data bahwa persentase kemampuan anak yang belum berkembang (BB) sebanyak 3%. Persentase kemampuan anak yang mulai berkembang (MB) sebanyak 30%. Persentase kemampuan anak yang berkembang sesuai harapan (BSH) sebanyak 42% dan berkembang sangat baik (BSB) sebanyak 25%. Pertemuan ke II kelompok B1 dan kelompok B2 diperoleh data bahwa persentase kemampuan anak yang belum berkembang (BB) sebanyak 0%, artinya tidak ditemukan anak yang tidak dapat membaca. Persentase kemampuan anak yang mulai berkembang (MB) sebanyak 22%. Persentase kemampuan anak yang berkembang sesuai harapan (BSH) sebanyak 48% dan persentase kemampuan anak yang berkembang sangat baik (BSB) sebanyak 30%. Pertemuan ke III kelompok B1 dan B2 diperoleh data bahwa persentase kemampuan anak yang belum berkembang (BB) dan kemampuan anak yang mulai berkembang (MB) adalah 2%. Persentase kemampuan anak yang berkembang sesuai harapan (BSH) 40% dan persentase kemampuan anak yang berkembang sangat baik (BSB) sebanyak 58%. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data model miles dan hubermen. Kesimpulan dari hasil peneitian ini adalah buku fonem efektif untuk melatih kemampuan membaca anak jika guru dan orang tua bekerjasama memotivasi anak untuk membaca serta adanya kemauan anak untuk belajar. Berdasarkan dari hasil penelitian, maka disarankan guru hendaknya menambahkan kartu gambar agar lebih menarik untuk anak yang konsentrasinya pendek. Guru hendaknya mengajak orang tua untuk bekerjasama menstimulus kemampuan membaca anak.
Collections
- UT-Faculty of Dentistry [2062]