Pengaruh Media Puzzle terhadap Hasil Belajar dalam Keterampilan Menulis Cerita Narasi Sederhana pada Siswa Kelas II SD Muhammadiyah 1 Jember
Abstract
Keterampilan menulis adalah keterampilan dalam menyampaikan informasi berbentuk tulisan, sehingga dengan menulis siswa dapat mengungkapkan ide atau pendapat, pikiran dan perasaannya, serta dapat mengembangkan kreativitas siswa dalam menulis. Dalam kurikulum 2013 keterampilan menulis pada kelas II semester 2 salah satu Kompetensi Dasar yang harus dicapai yaitu memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian Berdasarkan hasil wawancara dan observasi kelas II SD Muhammadiyah 1 Jember, siswa masih kesulitan dalam mengembangkan ide dan gagasannya ke dalam bentuk tulisan, sehingga siswa cenderung bingung tentang apa yang hendak ditulis dalam sebuah karangan. Selanjutnya pengetahuan tentang kosa-kata, penulisan huruf kapital, dan tanda baca masih rendah. Oleh karena itu, perlu adanya media pembelajaran yang tepat dan sesuai berdasarkan permasalahan yang ada, misalnya media puzzle .
Puzzle merupakan sebuah permainan yang terdiri dari beberapa potongan gambar atau bentuk untuk disusun menjadi satu bagian yang utuh. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh yang signifikan dalam penerapan media puzzle terhadap hasil belajar dalam keterampilan menulis cerita narasi sederhana pada siswa kelas II SD Muhammadiyah 1 Jember. Selanjutnya, tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk mengujii ada atau tidak ada pengaruh yang signifikan dalam penerapan media puzzle terhadap hasil belajar dalam keterampilan menulis cerita narasi sederhana pada siswa kelas II SD Muhammadiyah 1 Jember. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan jenis penelitian eksperimental. Desain yang digunakan oleh peneliti yaitu dengan menggunakan desain penelitian pre-experimental dengan menggunakan pola intac-group comparison. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester genap pada tahun pelajaran 2017/2018. Subjek penelitian ini siswa kelas II A dan II B SD Muhammadiyah 1 Jember. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode wawancara, tes, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data hasil belajar siswa dianalisis menggunakan uji t-test.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam penerapan media puzzle terhadap hasil belajar dalam keterampilan menulis cerita narasi sederhana pada siswa kelas II SD Muhammadiyah 1 Jember. Hal ini dapat dilihat dari perbedaan nilai posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata nilai posttest pada kelas eksperimen yaitu 80,17 dan rata-rata nilai pada kelas kontrol yaitu 71,21. Berdasarkan hasil analisis uji t di atas diperoleh t hitung = 2,775 signifikan pada p = 0,007, karena koefisien ini lebih kecil dari 0,05 sebagai batas penolakan hipotesis nihil, maka keputusannya H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam penerapan media puzzle terhadap hasil belajar dalam keterampilan menulis cerita narasi sederhana pada siswa kelas II SD Muhammadiyah 1 Jember. Saran dalam penelitian ini yakni agar pihak sekolah dan peneliti lain dapat memanfaatkan hasil penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, sebagai variasi media dalam mengajar, dan sebagai referensi bagi penyusunan karya ilmiah selanjutnya.
Collections
- UT-Faculty of Dentistry [2062]