Show simple item record

dc.contributor.advisorKantun, Sri
dc.contributor.advisorKartini, Titin
dc.contributor.authorHasanah, Badiatul
dc.date.accessioned2018-12-03T12:16:55Z
dc.date.available2018-12-03T12:16:55Z
dc.date.issued2018-12-03
dc.identifier.nim140210301067
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/88888
dc.description.abstractProses pembelajaran yang membutuhkan penggunaan media pembelajaran guna menunjang pembelajaran di kelas. Hal ini karena media pembelajaran dapat mempengaruhi belajar siswa. Media Pembelajaran merupakan bagian yang digunakan untuk mengirim informasi atau pesan kepada siswa. Media pembelajaran bisa memudahkan siswa untuk belajar dan media pembelajaran akan membuat siswa senang dan tidak bosan dengan proses pemebalajaran. Tapi dengan pengunaan media pembelajaran akan menumbuhkan motivasi belajar siswa kompilasi belajar berlangsung. Sesuai dengan konteks yang ada, maka tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas XI jurusan akuntansi semester genap SMK Negeri 4 Jember tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penentuan lokasi penelitian ini menggunakan metode purposive area yaitu di SMK 4 Jember. Metode penentuan responden dalam penelitian ini menggunakan populasi yaitu seluruh siswa kelas XI jurusan Akuntansi di SMK Negeri 4 Jember yang leher 104 siswa. Metode pengumpulan data yang terdiri dari metode angket, metode dokumen, metode, dan metode wawancara. Teknik pengolahan data yang terdiri dari editing, skoring, dan tabulasi. Uji instrumen penelitian yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Untuk metode analisis data menggunakan analisis inferensial yang terdiri dari analisis regresi sederhana, analisis luas regresi, uji F, Efektifitas regresi (R2) dan standar estimasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas XI jurusan akuntansi semester genap SMK Negeri 4 Jember tahun Pelajaran 2017/2018. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungaan uji F, dimana nilai Fhitung 383,267> Ftabel 3,934 dengan tingkat signifikansi F = 0,000 <α = 0,05. Sedangkan besarnya berdasarkan media pembelajaran untuk belajar motivasi siswa kelas XI jurusan akuntansi semester genap SMK Negeri 4 Jember tahun Pelajaran 2017/2018 yaitu sebesar 79%. Sedangkan 21% oleh variabel bebas yang tidak diteliti dalam penelitian seperti faktor dari siswa, lingkungan belajar siswa, dan lain-lain. Hal ini berarti bahwa penggunaan media pembelajaran bersih terhadap motivasi belajar siswa. Tuntutan yang dapat diberikan pada pihak SMK Negeri 4 Jember, untuk terus meningkatkan sarana dan prasarana di sekolah, agar dapat berjalan dengan lancar. Bagi guru, untuk mempertahankan dan mengembangkan penggunaan media pembelajaran agar pembelajaran dapat optimal. Dan bagi yang lain, yang dibutuhkan dalam melakukan penelitian dengan menggunakan ini untuk mengambil variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini, dapat memberikan penelitian yang lebih baik dan layak sebagai refrensi penelitian.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMedia Pembelajaranen_US
dc.subjectMotivasi Belajar Siswaen_US
dc.subjectMata Pelajaran Akuntansi Keuanganen_US
dc.titlePengaruh Persepsi Siswa tentang Media Pembelajaran yang digunakan Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI AK di SMK Negeri 4 Jember Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan Semester Genap Tahun Ajaran 2017/2018)en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record