Show simple item record

dc.contributor.advisorYunitasari, Duwi
dc.contributor.advisorPrianto, Fajar Wahyu
dc.contributor.authorARRAHMAN, ZEIN
dc.date.accessioned2018-12-03T07:09:45Z
dc.date.available2018-12-03T07:09:45Z
dc.date.issued2018-12-03
dc.identifier.nim130810101158
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/88837
dc.description.abstractTebu merupakan salah satu dari 15 komoditas unggulan nasional yang difokuskan untuk mendukung pencapaian tujuan pembangunan perkebunan 2014-2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi saluran pemasaran, fungsi, lembaga, struktur pasar dan perilaku pasar, serta menganalisis efisiensi operasional tataniaga tebu dengan pendekatan marjin tataniaga, farmer’s share, dan rasio keuntungan terhadap biaya. Pengamatan dan wawancara langsung dilakukan dengan metode purposive kepada petani di Kabupaten Situbondo, sedangkan metode snowball dilakukan kepada lembaga tataniaga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 4 saluran tataniaga. Berdasarkan marjin tataniaga, farmer’s share, dan rasio keuntungan terhadap biaya menunjukkan saluran tataniaga 1 merupakan saluran yang efisien dengan penjualan langusung dari petani ke pabrik gula dan saluran 4 merupakan saluran yang efisien dengan penjualan melalui pedagang perantara.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectKabupaten Situbondoen_US
dc.subjectfarmer’s shareen_US
dc.subjecttataniaga tebuen_US
dc.subjectefisiensi operasionalen_US
dc.titleTataniaga Perkebunan Tebu Rakyat di Kabupaten Situbondoen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record