Show simple item record

dc.contributor.advisorBAMBANG, Sri Kaloko
dc.contributor.advisorWIDYONO, Hadi
dc.contributor.authorFITRIA, Rizky Amalia
dc.date.accessioned2018-11-27T13:31:26Z
dc.date.available2018-11-27T13:31:26Z
dc.date.issued2018-11-27
dc.identifier.nimNIM141910201021
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/88523
dc.description.abstractTeknologi yang semakin berkembang pada saat ini dan seterusnya untuk memenuhi kebutuhan dan memudahkan kegiatan manusia. Aplikasi motor telah meluas ke semua jenis lapangan dalam ekonomi nasional dan kehidupan seharihari sebagai alat konversi energi mekanik utama. Salah satu hasil dari perkembangan teknologi adalah motor DC dan motor induksi. Motor DC merupakan suatu perangkat elektromagnetis yang mengubah energi listrik menjadi energi mekanik dengan tegangan searah sebagai sumber tenaganya. Oleh sebab itu, manusia tidak dapat terlepas dengan alat yang bernama motor DC karena motor DC memiliki efisiensi yang tinggi dan torsi awal yang besar serta membantu kegiatan manusia dalam menggerakkan suatu sistem. Namun, motor DC memerlukan biaya perawatan yang tidak sederhana dan harganya mahal. Sedangkan motor induksi memiliki perawatan yang mudah dan kecepatan yang sulit diatur. Perencanaan motor brushless direct current axial flux memiliki stator ganda yaitu bagian atas dan bagian bawah yang masing – masing memiliki 3 kumparan atas dan 3 kumparan bawah dan menggunakan lilitan sebanyak 100, 200 dan 300 lilitan. Sator disini dihubungkan secra seri dengan kumparan yang lain. Kawat email yang digunakan untuk stator adalah kawat email yang berdiameter 0,3 mm. Pada bagian rotor motor terdapat 6 magnet neodymium tipe koin. Untuk mengetahui pengaruh variasi lilitan terhadap kecepatan dilakukan pengujian dengan tegangan input sebesar 6 volt, 7 volt, 8 volt, 9 volt, 10 volt, 11 volt, 12 volt, 13 volt, 14 volt dan 15 volt. Pengujian pertama untuk mengetahui pengaruh variasi lilitan terhadap kecepatan dengan 100 lilitan pada tegangan input sebesar 6 volt sampai 15 volt didapatkan arus yang mengalir pada tiap – tiap tegangan input sebesar 0,24 A, 0,28 A, 0,32 A, 0,34 A, 0,38 A, 0,41 A, 0,44 A, 0,48 A, 0,51 A dan 0,55 A. Sedangkan untuk kecepatan didapatkan sebesar 1392 rpm, 1748 rpm, 2032 rpm, 2203 rpm, 2446 rpm, 2705 rpm, 2943 rpm, 3122 rpm, 3311 rpm, dan 3514 rpm. Pengujian kedua untuk mengetahui pengaruh variasi lilitan terhadap kecepatan dengan 200 lilitan pada tegangan input sebesar 6 volt sampai 15 volt didapatkan arus yang mengalir pada tiap – tiap tegangan input sebesar 0,19 A, 0,22 A, 0,25 A, 0,30 A, 0,33 A, 0,36 A, 0,39 A, 0,41 A, 0,44 A, dan 0,48 A. Sedangkan untuk kecepatan didapatkan sebesar 1057 rpm, 1333 rpm, 1625 rpm, 1876 rpm, 2157 rpm, 2527 rpm, 2787 rpm, 3012 rpm, 3263 rpm, dan 3465 rpm. Pengujian terakhir untuk mengetahui pengaruh variasi lilitan terhadap kecepatan dengan 300 lilitan pada tegangan input sebesar 6 volt sampai 15 volt didapatkan arus yang mengalir pada tiap – tiap tegangan input sebesar 0,16 A, 0,19 A, 0,22 A, 0,24 A, 0,26 A, 0,29 A, 0,31 A, 0,33 A, 0,34 A, dan 0,73 A. Sedangkan untuk kecepatan didapatkan sebesar 1046 rpm, 1255 rpm, 1527 rpm, 1776 rpm, 2056 rpm, 2389 rpm, 2620 rpm, 3004 rpm, 3135 rpm, dan 3281 rpm. Dari penelitian ini pengaruh variasi lillitan sangat mempengaruhi kecepatan yang dihasilkan motor. Diketahui bahwa semakin banyak lilitan yang digunakan maka semakin kecil pula kecepatan yang dihasilkan motor. Hal ini dipengaruhi oleh arus yang dihasilkan oleh setiap lilitan. Namun jika dilihat dari segi tiap lilitan, arus berbanding lurus dengan kecepatan. Semakin besar arus yang dihasilkan maka semakin besar pula kecepatan.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries141910201021;
dc.subjectTeknologien_US
dc.subjectKegiatan manusia.en_US
dc.subjectAplikasi motoren_US
dc.subjectEkonomi nasionalen_US
dc.subjectKehidupan sehari harien_US
dc.subjectAlat konversien_US
dc.subjectEnergi mekanik utama.en_US
dc.subjectPerkembangan teknologien_US
dc.subjectMotor DCen_US
dc.subjectMotor induksien_US
dc.subjectEnergi listriken_US
dc.subjectEnergi mekaniken_US
dc.subjectSumber tenagaen_US
dc.titleRancang Bangun Kutub Magnet Dengan Axial Flux Untuk Perbaikan Kinerja Motor Brushless Direct Currenten_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record