• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Perencanaan Jalur Pengguna Sepeda Di Universitas Jember

    Thumbnail
    View/Open
    NUR FAHMI ANSHORI-111910301038.pdf-.pdf (1.582Mb)
    Date
    2018-11-27
    Author
    NUR, Fahmi Anshori
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Universitas Jember adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang terletak di kota Jember. Penggunaan sepeda selaras dengan visi Unej yaitu berwawasan lingkungan yang menandakan setiap kegiatan di Universitas Jember harus mempertimbangkan dampak terhadap lingkungan. Dengan penggunaan sepeda di areal Unej akan membantu mewujudkan visi Unej yaitu kampus yang berwawasan lingkungan atau kampus hijau (green campus). Jalur sepeda adalah jalur khusus diperuntukkan bagi lalu lintas pengguna sepeda dan dipisah dari lalu lintas kendaraan bermotor untuk meningkatkan keselamatan lalu lintas pengguna sepeda. Konsep jalur sepeda merupakan hal yang sangat penting dalam perencanaan jalur sepeda. Ada tiga konsep dalam perencanaan jalur sepeda yaitu bike path, bike lane dan bike route. Pengguna sepeda mempunyai karakteristik yang unik diantara pengguna jalan yang lain. Pada umumnya lebar jalan di Universitas Jember mempunyai lebar dominan 6 sampai 7 meter, hal ini sangat memungkinkan direncanakan jalur sepeda. Kecepatan rencana pesepeda direncanakan sebesar 20 Km/jam mengacu pada tabel kecepatan rencana sepeda. Jalur sepeda direncanakan dengan lajur satu arah dengan lebar 1,24 meter disesuaikan dengan kondisi eksisting jalan, peraturan dan modul lajur sepeda. Dalam menentukan rute jalur sepeda di Universitas Jember dilakukan analisa pencapaian rute, meliputi analisa ruas jalan dan jarak tempuh. Dalam menganalisa jarak tempuh dibagi dalam 2 alternatif jalur yaitu alternatif menuju fakultas teknik dan alternatif menuju fakultas ekonomi. Dalam merencanakan jalur sepeda juga dibutuhkan perencanaan parkir sepeda. Desain parkir sepeda direncanakan berada di area masing-masing fakultas dikarenakan badan jalan tidak efisien jika direncanakan untuk parkir sepeda. Terdapat 3% mahasiswa tidak memiliki sepeda pribadi sehingga didapatkan bahwa sepeda yang perlu disediakan sebesar 57 sepeda pada setiap fakultas di Universitas Jember. Dilakukan survei kuesioner dalam menentukan persepsi mahasiswa terhadap perncanaan jalur sepeda. Dari survei kuesioner tersebut didapatkan data dari penggunan jalan berupa karakteristik umum dan karakteristik pergerakan. Dilakukan Uji Validitas dan Uji Reliabilitas bagi pengguna sepeda maupun non-pesepeda, dari 2 uji tersebut data dinyatakan valid dan reliable. Selain itu juga dilakukan Uji Korelasi Spearman pada setiap item pertanyaan, koefisien korelasi masih menunjukkan tingkat hubungan yang rendah yaitu sebesar 0,2709723. Hal ini dikarenakan jalur sepeda sendiri masih belum nyata diterapkan di Universitas Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/88511
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4271]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository