dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja PDAM Kabupaten
Jember tahun 2015 dan 2016 dinilai dari perspektif keuangan,
pelanggan/konsumen, proses bisnis internal, dan pembelajaran dan pertumbuhan.
Teknik pengambilansampel menggunakan random sampling. Pengumpulan data
dengan menggunakan kueisoner, wawancara, dan data laporan keuangan PDAM
Kabupaten Jember dalam periode 2015-2016. Penelitian ini menggunakan sampel
sejumlah 116 karyawan di PDAM Kabupaten Jember. Metode analisis data dalam
penelitian ini menggunakan uji validitas, dan uji reliabilitas. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa perspektif keuangan yaitu ROE, rasio operasi, rasio kas, dan
rasio solvabilitas dapat dikatakan kurang baik. Perspektif pelanggan yaitu cakupan
pelayanan, pertumbuhan pelanggan, dan tingkat penyelesaian aduan dapat
dikategorikan baik. Perspektif bisnis internal yaitu inovasi dan layanan purna jual
dapat dikategorikan baik. Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan yaitu
kepuasan karyawan, retensi karyawan, dan produktivitas karyawan dapat
dikategorikan baik. | en_US |