dc.description.abstract | Dewasa ini banyak sekali dijumpai lembaga pendidikan yang bergerak dalam bidang bahasa yang menawarkan berbagai jasa dan layanan. Kegiatan belajar mengajar yang mengikutsertakan banyak atau beberapa siswa kadang dirasa kurang efektif bagi pembelajarnya. Setiap pembelajar berbeda dengan pembelajar Iainnya. Dalam suatu kegiatan belajar mengajar belum tentu semua siswa yang mengikutinya mengerti, namun tidak jarang juga terdapat beberapa siswa yang telah menguasainya. Hal inilah yang menjadi salah sate berkembangnya suatu sistem pembelajaran barn yang bersifat mandiri yang lebih memfokuskan pada kebutuhan masing-masing pembelajar. Self Access Centre (SAC) UPT BS-PB Universitas Jember adalah salah satu tempat yang memberikan layanan dan fasilitas kepada pembelajar unutk belajar bahasa asing secara mandiri. Terdapat beberapa bahasa asing yang dapat dipelajari di SAC antara lain bahasa Inggris, Jepang , Mandarin, Jerman, Perancis, dan Korea. Sedangkan untuk mated bahasa asing yang banyak dikembangkan adalah materi bahasa Inggris dan bahasa Jepang. Di SAC pembelajar dapat memilih dan menggunakan mated belajar menurut kemampuan dan keinginan mereka sendiri. Dengan demikian pembelajar dapat menilai kemampuan bahasanya secara mandiri dan dapat bertanggung jawab pada keberhasilan belajamya. SAC mempunyai banyak fasilitas yang dapat dimanfaatkan pembelajar untuk meningkatkan kemampuan bahasanya. Oleh karena itu, penulis memilih "SELF ACCESS CENTRE (SAC) UPT BS-PB UNIVERSITAS JEMBER" sebagai judul laporan yang diambil untuk membahas fungsi SAC dan fasilitas-fasilitasnya dalam kegiatan pembelajaran bahasa asing secara mandiri. | en_US |