Show simple item record

dc.contributor.advisorINDRAWATI
dc.contributor.advisorSUDARTI
dc.contributor.authorRAHAYU, Junaida Dyah Eka
dc.date.accessioned2018-11-14T01:40:14Z
dc.date.available2018-11-14T01:40:14Z
dc.date.issued2018-11-14
dc.date.submitted
dc.identifier.nimNIM160220104007
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/87996
dc.description.abstractPermasalahan yang terdapat didalam pembelajaran IPA salah satunya siswa cenderung pasif dan kurang mengembangkan kemampuan berpikir kritisnya, sehingga sangat penting kemampuan berpikir kritis siwa dilatihkan pada siswa SMP salah satunya pembelajaran IPA. Berdasarkan permasalahan yang dihadapi menuntut guru agar lebih profesional dalam mengajar karena kunci kesuksesan dalam proses pembelajaran sangat ditentukan oleh guru yang profesional. Guru dapat menggunakan media video untuk mengatasi permasalahan tersebut, karena media video dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau dikenal dengan istilah Research & Development (R&D). Pada penelitian ini akan dikembangkan media video berbasis kearifan lokal pada materi lingkungan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Subyek penelitian pada uji coba I (uji terbatas) sebanyak 10 siswa kelas VII SMPN 1 Jember. Uji coba II (uji kelas) pada siswa kelas VII SMPN 1 Jember sebanyak 36 siswa semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Dan disebarkan ke berbagai sekolah pada tingkatan yang sama dengan karakteristik yang berbeda. Uji coba 1 dilaksanakan pada 10 siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jember. Berdasarkan hasil uji coba 1 didapatkan bahwa video berbasis kearifan lokal materi lingkungan masih memerlukan revisi/perbaikan. Secara umum siswa memberikan respon positif terhadap media video berbasis kearifan lokal materi lingkungan, namun ada siswa yang mengeluhkan kurang jelasnya audio dalam video. Selanjutnya dilakukan perbaikan untuk kemudian menjadi sebuah produk video yang sesuai, dan bisa diuji coba selanjutnya. Media video berbasis kearifan lokal materi lingkungan yang efektif dianalisis menggunakan N-Gain berdasarkan data hasil pretest dan postest pada ujicoba 2, dikelas VII C SMPN I Jember tahun pelajaran 2017-2018 sebanyak 36 siswa. Pembelajaran pada ujicoba 2 dilaksanakan sebanyak tiga pertemuan (6JP) yang dibimbing oleh guru IPA pengajar kelas VII dan diamati oleh observer. Hasil pretest dan postest Uji coba 2 pada skala kelas untuk 5 indikator berpikir kritis secara rinci menunjukkan angka peningkatan yang signifikan. Pada indikator memberikan penjelasan sederhana hasil pretest memiliki skor 133 sedangkan postestnya 283. Dari jumlah skor tersebut, dianalisis dengan N-Gain terjadi peningkatan sebesar 0,79 yang dapat dikategorikan tinggi. Hal serupa juga terjadi pada indikator membangun keterampilan dasar, hasil pretest memiliki skor 84 sedangkan postestnya 265. Dari jumlah skor tersebut, dianalisis dengan N-Gain terjadi peningkatan sebesar 0,75 yang dapat dikategorikan tinggi. Pada indikator kesimpulan, hasil pretest memiliki skor 128 sedangkan postestnya 277. Dari jumlah skor tersebut, dianalisis dengan N-Gain terjadi peningkatan sebesar 0,76 yang dapat dikategorikan tinggi. Pada indikator membuat penjelasan lebih lanjut, hasil pretest memiliki skor 78 sedangkan postestnya 254. Dari jumlah skor tersebut, dianalisis dengan N-Gain terjadi peningkatan sebesar 0,72 yang dapat dikategorikan tinggi. Terakhir, pada indikator strategi dan taktik, hasil pretest memiliki skor 146 sedangkan postestnya 298. Dari jumlah skor tersebut, dianalisis dengan N-Gain terjadi peningkatan sebesar 0,85 yang dapat dikategorikan tinggi. Dari hasil tersebut, maka media video berbasis kearifan lokal materi lingkungan terbukti efektif untuk digunakan dalam skala kelas atau skala besar.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries160220104007;
dc.subjectMedia Videoen_US
dc.subjectPembelajaran Berbasis Kearifanen_US
dc.subjectMateri Lingkunganen_US
dc.titlePengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Pada Materi Lingkungan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di Smpen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record