dc.description.abstract | Salah satu media pembelajaran yang diharapkan dapat menciptakan suasana
belajar yang menarik dan kondusif yaitu dengan menggunakan media Double-
Display. Media Double-Display merupakan sebuah media animasi yang memadukan
semua visualisasi berupa verbal, grafik, gambar, audio, animasi, dan video menjadi
sebuah tampilan yang simple dengan tampilan ganda. Double-Display dapat diartikan
dua tampilan. Media Double-Display dirancang dengan memadukan dua tampilan
yakni tampilan pertama berisi tentang gejala fisika dalam kehidupan sehari – hari
yang dapat di lihat dari video dan tampilan yang lain menunjukkan bagaimana proses
gejala fisika itu terjadi. Media Double-Display mampu mengakomodasi semua
kegiatan pembelajaran interaktif seperti mendengarkan, membaca, menulis dan juga
permainan, Salah satu materi pembelajaran yang dibuat ke dalam media Double-
Display adalah Cahaya dan Optik. Materi yang diambil adalah pokok bahasan pada
kelas XI SMK, dikarenakan media Double-Display dirasa cocok untuk diterapkan
pada materi tersebut. Dengan demikian peneliti ini bertujuan untuk : 1) Menganalisis
validitas hasil pengembangan media Double-Display untuk Pembelajaran Fisika
pokok bahasan cahaya dan optik; 2) Menganalisis kepraktisan hasil pengembangan
media Double-Display untuk Pembelajaran Fisika pokok bahasan cahaya dan optik; 3) Menganalisis keefektifan hasil belajar siswa dengan menggunakan media Double-
Display untuk Pembelajaran Fisika pokok bahasan cahaya dan optik | en_US |