• Login
    View Item 
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Sciences of Health
    • View Item
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Sciences of Health
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI UNIT PELAKSANA TEKNIS LABORATORIUM KESEHATAN DAERAH KABUPATEN LUMAJANG

    Thumbnail
    View/Open
    Imannurdin Abdillah - 152520102047.pdf Sdh.pdf (915.7Kb)
    Date
    2018-08-01
    Author
    Abdillah, Imannurdin
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Loyalitas pelanggan lebih menekankan kepada perilaku pembeli yang merupakan aset strategis perusahaan dan apabila dikelola dengan benar mempunyai potensi untuk memberikan nilai tambah seperti pengurangan biaya pemasaran, memikat para pelanggan baru, peningkatan perdagangan dan memberikan pertahanan terhadap persaingan. Bauran pemasaran (marketing mix) merupakan strategi perusahaan meliputi penerapan master plan untuk menghasilkan pelayanan/ produk yang memuaskan pada segmen pasar tertentu dimana segmen pasar tersebut telah dijadikan pasar sasaran untuk produk yang telah diluncurkan guna menarik konsumen melakukan pembelian. Pemasaran industri jasa mengakomodasikan tujuh unsur marketing mix yaitu product, price, promotion, place, people, physical evidence dan process. Semua unsur diperlukan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan membentuk pelanggan loyal. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhadap loyalitas pelanggan di Unit Pelaksana Teknis Laboratorium Kesehatan Daerah Kabupaten Lumajang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian analitik observasional (prediksi) dengan metode sampel acak tersistematis di Unit Pelaksana Teknis Laboratorium Kesehatan Daerah Kabupaten Lumajang Jawa Timur Indonesia . Populasi sasaran dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan, sedangkan populasi yang tidak dapat diakses adalah semua pelanggan yang datang langsung. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari: variabel bebas yaitu unsur bauran pemasaran, sedangkan variabel dependen (Y) adalah loyalitas pasien. Bauran pemasaran (produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai alfa masing-masing kurang dari 0,05. Sesuai dengan nilai F hitung 45,889> dari nilai F-table sebesar 2,120), dan signifikansi F adalah 0,000 atau <sig value α (0,05). Nilai R Square = 0,781, artinya variabel dependen 78,1% (loyalitas pelanggan) dapat dijelaskan oleh variabel bebas (produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik), sedangkan sisanya (21,9%) dijelaskan dengan variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86870
    Collections
    • MT-Sciences of Health [126]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository