Show simple item record

dc.contributor.advisorDAFIK
dc.contributor.advisorTIRTA, I Made
dc.contributor.authorHERAWATI, Nila
dc.date.accessioned2018-07-30T03:10:41Z
dc.date.available2018-07-30T03:10:41Z
dc.date.issued2018-07-30
dc.date.submitted
dc.identifier.nimNIM150220101026
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86675
dc.description.abstractUntuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam pembelajarannya adalah dengan berpikir kreatif dan pemahaman tentang metakognisi. Pada penelitian ini penulis meneliti tentang ketrampilan berpikir kreatif mahasiswa dalam penyelesaian masalah pelabelan selimut dengan teknik partisi berdasarkan metakognisinya. salah satu alasan pemilihan ide penelitian ini adalah pentingnya berpikir kreatif dalam pembelajaran mahasiswa yang ditunjang metakognisi mereka. Ketrampilan berpikir kreatif dalam penelitian ini dimunculkan dalam proses pengerjaan mahasiswa dalam tes ketrampilan berpikir kreatif sesuai indikator dari ketrampilan berpikir kreatif setelah kemampuan metakognisi yaitu tentang pengetahuan metakognisi dan ketrampilan metakognisi mereka didapatkan dalam angket. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Menganalisis tingkat ketrampilan berpikir kreatif dan TKBK (Tingkat Ketrampilan Berpikir Kreatif) Mahasiswa Progam Studi Matematika FKIP-UNEJ menyelesaikan masalah pelabelan selimut yang berkemampuan metakognisi tinggi, sedang dan rendah. 2) Mengumpulkan hasil jawaban dan kreasi mahasiswa dalam meyelesaikan masalah pelabelan selimut serta temuan peneliti dalam penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang menghasilkan analisis ketrampilan berpikir kreatif dan TKBK Mahasiswa Progam Studi Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jember dalam menyelesaikan masalah pelabelan selimut yang berkemampuan metakognisi tinggi, sedang dan rendah serta monograf hasil jawaban dan kreasi mahasiswa dalam meyelesaikan masalah pelabelan selimut serta temuan peneliti dalam penelitian ini. Tahapan dalam penelitian ini adalah 1) pembuatan instrumen penelitian terdiri dari 4 tes ketrampilan berpikir kreatif angket metakognisi, pedoman wawancara, lembar validasi tes ketrampilan berpikir kreatif, lembar validasi pedoman wawancara 2) validasi instrumen yang akan digunakan dalam penelitian 3) penelitian dilakukan pada mahasiswa S1 mata kuliah matematika diskrit sesuai dengan masalah dalam tes ketrampilan berpikir kreatif 4) analisis data penelitian dilakukan setelah semua data diperoleh dalam penelitian 5) pembuatan monograf hasil jawaban mahasiswa dan temuan peneliti dalam penelitian ini. Hasil penelitian dari 44 mahasiswa diperoleh 15 mahasiswa dengan tingkat kemampuan metakognisi tinggi, metakognisi sedang dan metakognisi rendah. Kategori metakognisi tinggi batas nilainya adalah , untuk kategori sedang batas nilainya adalah dan untuk kategori rendah . Setelah dianalisa ketrampilan berpikir kreatifnya semua mahasiswa dapat memperlihatkan ketrampilannya pada aspek fluency, pada aspek flexibility 11 mahasiswa, sedangkan aspek originality 5 mahasiswa serta aspek elaboration 14 mahasiswa. Prosentase mahasiswa dengan ketrampilan kreatifnya adalah pada aspek fluency 100%, aspek flexibility 73,3%, aspek originality 33,3% dan aspek elaboration 93,3%. Tingkat ketrampilan berpikir kreatif mahasiswa didapatkan dengan rincian sebagai berikut: 5 mahasiswa dengan TKBK 4 (sangat kreatif), 5 mahasiswa dengan TKBK 3 (kreatif) dan 5 mahasiswa dengan TKBK 2 (cukup kreatif). Monograf dikembangkan setelah didapatkan analisis data dari ke 15 mahasiswa setelah proses mengetahui kemampuan metakognisi mereka. Dari 15 mahasiswa ditemukan 5 bentuk pola partisi yang berbeda dari yang sudah ada. Peneliti meneliti apakah ke 5 bentuk tersebut bisa dikembangkan atau tidak, setelah diteliti ke lima bentuk tersebut bisa dikembangkan. Langkah selanjutnya peneliti membuat rumus generalisasi dari ke lima pola tersebut dan akan di tulis dalam monograf. Selain itu peneliti juga menemukan 2 pola yang berbeda dengan yang sudah ada beserta rumus generalisasinya. Sehingga total penemuan pola baru adalah tujuh pola baru dalam monograf ini.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries150220101026;
dc.subjectKetrampilan Berpikiren_US
dc.subjectPelabelan Selimuten_US
dc.titleAnalisis Ketrampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Pelabelan Selimut Berdasarkan Kemampuan Metakognisinyaen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record