dc.description.abstract | Pelayanan publik dapat ditingkatkan dengan memperhatikan unsur penting
didalamnya yaitu kualitas pelayanan. Salah satu faktor yang mempengaruhi
kualitas pelayanan tersebut dapat dikatakan baik yaitu kinerja pegawai. Dalam
usaha memperbaiki pelayanan kepada masyarakat dibutuhkn peningkatan kinerja
sumber daya manusia yang merupakan salah hal yang sangat penting, sehingga
perlu diupayakan secara terus menerus dan berkesinambungan dalam menghadapi
tuntutan dan harapan masyarakat. Faktor yang mempengaruhi tidak berjalannya
pelayanan publik dengan baik salah satunya seperti masalah kinerja pegawai.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa sejauh mana pengaruh kinerja
pegawai terhadap kualitas pelayanan Puskesmas Pajarakan Kabupaten
Probolinggo. Penelitian ini memakai jenis penelitian eksplanatori dengan
menggunakan 92 pasien sebagai sampel penelitian. Analisis data pada penelitian
ini menggunakan bantuan program SPSS 16.0. Teknik sampling yang digunakan
adalah Cluster Sampling dan data yang diperoleh dianalisis dengan uji validitas
dan reliabilitas dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment Pearson.
Analisis data dengan didahului uji asumsi klasik dilanjutkan dengan uji regresi
linier sederhana.
Berdasarkan hasil perhitungan dari rata-rata indikator dapat dikemukakan
bahwa perhitungan rata-rata hasil jawaban responden pada variabel kinerja
didapat 3,16. Dapat disimpulkan bahwa rata-rata variabel kinerja termasuk dalam
kategori baik. Indikator yang paling kuat pengaruhnya adalah indikator efektifitas,
dan yang paling rendah pengaruhnya adalah indikator kualitas.
Hasil perhitungan dari rata-rata indikator dapat dikemukakan bahwa
perhitungan rata-rata hasil jawaban responden pada variabel Kualitas pelayanan
didapat 3,22. Dapat dikatakan bahwa rata-rata variabel kualitas pelayanan berada
pada kategori baik. Indikator yang paling kuat pengaruhnya adalah indikator kehandalan (reliability), dan yang paling rendah pengaruhnya adalah indikator
jaminan (assurance).
Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data variabel kinerja pegawai
(X) berpengaruh signifikan terhadap variabel kualitas pelayanan (Y) di Puskesmas
Pajarakan Kabupaten Probolinggo. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil analisis
kolerasi product moment sebesar 0,649 dibandingkan dengan r tabel tingkat
signifikan 5% N=92 sebesar 0,205. Jadi r hitung lebih besar dari r tabel, maka
hipotesis nol (Ho) ditolak dan (H1) diterima. Dengan koefisien determinasi
sebesar 42,1% maka berpengaruh positif, artinya jika semakin tinggi kinerja
pegawai maka semakin tinggi pula kualitas pelayanan di Puskesmas Pajarakan
Kabupaten Probolinggo.
Konstanta sebesar 21,036, artinya jika kinerja pegawai (X) nilainya adalah
0, maka kualitas pelayanan (Y) nilainya negatif yaitu sebesar 21,036. Koefisien
regresi variabel kualitas pelayanan sebesar 0,614, artinya jika kinerja pegawai
mengalami kenaikan sebesar 1, maka kualitas pelayanan (Y) akan mengalami
peningkatan sebesar 0,614. Koefisien bersifat positif artinya terjadi hubungan
positif antara variabel kinerja pegawai (X) dan variabel kualitas pelayanan (Y),
semakin naik kinerja pegawai maka semakin meningkat pula kualitas
pelayanannya.
Dapat disimpulkan bahwa kinerja pegawai di Puskesmas Pajarakan
Kabupaten Probolinggo paling kuat dipengaruhi oleh efektifitas, sedangkan
kualitas pelayanan paling kuat dipengaruhi oleh kehandalan (reliability). Pada
variabel terdapat hubungan yang kuat antara kinerja pegawai terhadap kualitas
pelayanan di Puskesmas Pajarakan Kabupaten Probolinggo. | en_US |