Show simple item record

dc.contributor.advisorSUBIKI
dc.contributor.advisorSUPRIADI, Bambang
dc.contributor.authorAINI, Nur
dc.date.accessioned2018-07-27T09:02:33Z
dc.date.available2018-07-27T09:02:33Z
dc.date.issued2018-07-27
dc.identifier.nimNIM140210102006
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86625
dc.description.abstractPerkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dari waktu ke waktu semakin pesat. Arus globalisai juga berkembang begitu hebat. Akibat dari fenomena ini muncul persaingan dalam berbagai bidang kehidupan, salah satunya pada bidang pendidikan. Guru dituntut memiliki pemahaman tentang paradigma pembelajaran abad ke-21 yang menjadi hal penting serta diterapkan sebagai kerangka pedagogis dalam proses pembelajaran. Sekolah juga harus mengimplementasikan kompetensi tidak hanya fokus pada penguasaan mata pelajaran utama, tetapi juga tentang konten akademik di tingkat yang lebih tinggi. Siswa perlu mengembangkan kompetensi penting hasil belajar abad 21 melalui berbagai jenis penalaran sesuai dengan situasi. Penalaran ilmiah memberikan kotribusi dalam keterampilan kognitif siswa. Namun, penelitian dalam hal mengidentifikasi kemampuan penalaran ilmiah terutama dalam hal ilmu fisika masih jarang. Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan, penalaran ilmiah memberikan kotribusi dalam keterampilan kognitif siswa. Namun, penelitian dalam hal mengidentifikasi kemampuan penalaran ilmiah terutama dalam hal ilmu fisika masih kurang, terutama pada pokok bahasan dinamiika. Hal ini mendasari peneliti untuk melakukan penelitian mengenai kemampuan penalaran ilmiah (scientific reasoning). Penelitian ini dilakukan agar penalaran ilmiah dapat diketahui sehingga berpotensi terhadap perkembangan kemampuan penalaran ilmiah sesuai dengan paradigma pembelajaran abad ke-21 sebagai kerangka pedagogis dalam proses pembelajaran fisika. Untuk itu rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan penalaran ilmiah siswa SMA di Kabupaten Jember pada pokok bahasan dinamika ? Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi kemampuan penalaran ilmiah siswa SMA di Kabupaten Jember pada pokok bahasan dinamika. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA pada tiga sekolah menengah atas yang ada di Kabupaten Jember tahun pelajaran 2017/2018 pada semester genap. Subyek penelitian ini dipilih 3 sekolah dengan tingkatan tinggi, sedang dan rendah berdasarkan tingkatan nilai rata-rata Ujian Nasional sekolah. Pemilihan SMAN 3 Jember (SMAN A), SMAN 4 Jember (SMAN B) dan SMA Negeri Plus Sukowono (SMAN C) sebagai subjek penelitian berdasarkan teknik purposive sampling area. Namun, subjek penelitian tersebut masih terlalu luas, sehingga dipilih masingmasing 1 kelas dari 3 sekolah. Penentuan kelas tersebut menggunakan teknik purposive sampling area. Sehingga jumlah subjek penelitian adalah 98 siswa yang sudah meneriman materi dinamika. Berdasarkan penelitian pada tiga sekolah di Jember dengan jumlah responden sebanyak 98 siswa yaitu di SMAN A, SMAN B dan SMAN C tahun pelajaran 2017/2018 pada semester genap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kemampuan penalaran ilmiah siswa pada indikator penalaran proporsional 47,96%, penalaran korelasi 66,33%, pengontrolan variabel 51,02%, penalaran probabiliti 24,49%, penalaran hipotesis-deduktif 73,47%, dan penalaran konservasi 21,43%. Kemampuan penalaran ilmiah paling baik yang dicapai siswa adalah pada aspek kemampuan penalaran hipotesis-deduktif dan capaian paling rendah adalah pada aspek kemampuan penalaran konservasi. Hasil penelitian tersebut memberikan dampak terhadap perencanaan, proses, dan evaluasi pembelajaran fisika selanjutnya.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries140210102006;
dc.subjectPerkembangan Ilmu Pengetahuanen_US
dc.subjectTeknologi (IPTEK)en_US
dc.subjectPembelajaran abad ke-21en_US
dc.titleIdentifikasi Kemampuan Penalaran Ilmiah (Scientific Reasoning) Siswa SMA di Kabupaten Jember pada Pokok Bahasan Dinamikaen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record