dc.description.abstract | Kesehatan merupakan hal yang terpenting untuk setiap orang sehingga menjadi suatu kewajiban untuk selalu tetap dijaga. Saat memeriksakan diri ke klinik atau rumah sakit terdekat, sering setiap orang yang secara langsung dapat dikatakan sebagai pasien biasanya ditanya tentang data diri dan riwayat penyakit. Proses pencatatan data riwayat penyakit pasien kebanyakan masih dilakukan secara manual sehingga tak jarang dari catatan tersebut sulit ditemukan pada saat mencarinya, atau bahkan hilang. Di sisi lain, pencatatan riwayat penyakit pasien tersebut sangat diperlukan apabila pasien tersebut berkunjung dan berobat kembali ke rumah sakit atau ke klinik yang sama.
Pencatatan data rekam medis Klinik Harapan Bersama Ambulu masih belum optimal sebab dilakukan secara manual sehingga masih kurang efektif dan efisien dalam pengolahan datanya. Maka perlu diadakan sebuah pengembangan sistem guna diterapkan pada Klinik Harapan Bersama. Dalam pengembangan sebuah sistem atau perangkat lunak, dibutuhkan suatu metode untuk mendefinisikan berbagai kebutuhan pada saat pengembangan perangkat lunak atau sistem tersebut. Peneliti menggunakan metode SDLC model Waterfall untuk pengembangan sistem yang ada di Klinik Harapan Bersama. Model Waterfall terdiri dari tahap analisis kebutuhan, desain sistem, pengkodean, pengujian, dan pemeliharaan. Model ini dipilih oleh peneliti sebab kebutuhan untuk pengembangan sistem pada Klinik Harapan Bersama telah terdefinisikan mulai pada tahap awal serta pengembangan sistem dikerjakan secara terurut berdasarkan tahap pada model Waterfall.
Penelitian ini menghasilkan beberapa kesimpulan yakni: (1)Sistem Informasi Rekam Medis Klinik Harapan Bersama dapat meningkatkan efektifitas, efisiensi, dan relevan pada saat pencatatan data pasien di Klinik Harapan Bersama. (2)Sistem Informasi Rekam Medis Klinik Harapan Bersama merupakan sistem informasi berbasis web dibangun berdasarkan pada kebutuhan Klinik Harapan Besama Ambulu. (3)Sistem Informasi Rekam Medis Klinik Harapan Bersama terdiri dari fitur utama yaitu pencatatan data rekam medis pasien atau Manajemen data Rekam Medis serta terdapat fitur tambahan yaitu Autentifikasi (Login), Manajemen Data User, Manajemen Data Pegawai, Manajemen Data Pasien, Manajemen Data Kamar, Manajemen Data Fasilitas, Manajemen Data Dokter, Manajemen Data Obat, Manajemen Data Laborat, Manajemen Data Rujukan, Manajemen Transaksi Pembayaran, dan Melihat Laporan.
Saran untuk penelitian ini adalah pada pengembangan lebih lanjut dari dapat dilakukan dengan menambahkan ruang lingkup penelitian dan hasil dari penelitian yang lebih lengkap. Pengembangan lebih lanjut dapat dilakukan dengan penambahan fitur yang tidak terlihat terlalu kaku misal pada saat melihat dan membaca laporan. Penambahan fitur yang dimaksud misalnya dengan penambahan tampilan grafik untuk menampilkan banyaknya pengunjung klinik berdasarkan hari, minggu, dan bulan. | en_US |