Show simple item record

dc.contributor.advisorBukhori, Saiful
dc.contributor.advisorWulandari, Diah Ayu Retnani
dc.contributor.authorPradan, Dias Novsa
dc.date.accessioned2018-07-25T07:34:15Z
dc.date.available2018-07-25T07:34:15Z
dc.date.issued2018-07-25
dc.identifier.nim132410101055
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86410
dc.description.abstractInternet telah berkembang sangat pesat dan telah menjadi bagian hidup dari masyarakat modern saat ini. Hal ini terjadi karena internet telah memberikan banyak kemudahan bagi manusia mulai dari informasi, komunikasi, dan segala kebutuhan hidup sehari-hari telah tersediadi internet. Pengguna internet terutama para pengguna website sangat mengharapkan tampilan layar berupa tampilan layar yang menarik, mudah digunakan dan tentunya sesuai dengan fungsinya sehingga para pengembang bisnis internet harus memiliki website yang dapat digemari dan memuaskan para penggunanya. Salah satu cara untuk mengetahui seberapa puas pengguna terhadap website adalah dengan melakukan pengukuran. Pengukuran ini dilakukan agar pengembang dapat mengetahui kekurangan apa saja pada website yang telah mereka bangun sebagai bahan evaluasi dalam proses pengembangan website yang dibuat demi memberikan pelayanan dan informasi yang memuaskan penggunanya. WebQual merupakan metode pengukuran yang dikembangkan oleh Barnes dan Vidgen yang disusun dengan tiga area utama yaitu kualitas informasi, kualitas interaksi dan kualitas kegunaan berdasarkan sejauh mana persepsi tentang mutu layanan website yang dirasakan (aktual) dengan tingkat harapan (ideal) pengguna. Penerapan metode ini dilakukan dengan menyusun kuisioner berdasarkan variabel dan indikator yang telah disediakan oleh Webqual untuk selanjutnya disebarkan kepada para pengguna website. Pada penelitian ini pengukuran dilakukan terhadap Sistem Informasi Terpadu (SISTER) Universitas Jember. SISTER merupakan suatu sistem yang terintegrasi antara beberapa sistem didalamnya yang berbasis website dan beralamatkan sister.unej.ac.id. Tahap awal yang dilakukan pada pengukuran ini adalah menyusun dan menyebar kuisioner untuk website SISTER kepada 100 mahasiswa yang tersebar ditiap fakultas lalu melakukan uji validitas dan reliabilitas yang menghasilkan semua data valid dan reliabel, selanjutnya melakukan uji model regresi yaitu uji F dan uji t untuk menguji pengaruh variabelkualitas informasi, kualitas interaksi dan kualitas kegunaan terhadap variabel kepuasan pengguna website yangmenghasilkan seluruh variabel berpengaruh positif dan signifikan secara parsial maupun secara simultan terhadap variabel kepuasan pengguna. Tahap selanjutnya adalah melakukan perhitungan GAP analisis dengan hasil GAP variabel secara terurut dari yang terbesar yaitu variabel Interaction Qualitydengan nilai -1.08741, User Satisfactiondengan nilai -1.00001, Usability Qualitydengan nilai -0.97875, Information Quality dengan nilai -0. 94428. Hasil tersebut menjelaskan bahwa variabel Interaction Qualitymerupakan variabel yang perlu diperbaiki karena memiliki nilai GAP / kesenjangan yang besar sedangkan variabel Information Qualitymerupakan variabel yang sesuai dengan harapan pengguna karena memiliki nilai GAP / kesenjangan yang kecil. Hasil dari perhitungan GAP perindikator dari semua variabel 3 indikator yang memiliki GAP terbersar secara terurut yaitu indikator design situs dengan nilai -1.33, indikator rasa aman transaksi dengan nilai -1.3, dan indikatorreputasi yang baik dengan nilai -1.22.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectKualitas Websiteen_US
dc.subjectMetode WebQualen_US
dc.titleAplikasi Pengukuran Kualitas Website Menggunakan Metode WebQualen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record