Show simple item record

dc.contributor.advisorPURWANDARI, Retno
dc.contributor.advisorWIJAYA, Dodi
dc.contributor.authorJATMIKA, Yudha Wahyu
dc.date.accessioned2018-04-05T01:53:52Z
dc.date.available2018-04-05T01:53:52Z
dc.date.issued2018-04-05
dc.identifier.nimNIM102310101076
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85218
dc.description.abstractTeori yang mendasari praktik keperawatan profesional adalah memandang manusia secara holistik, yaitu meliputi dimensi fisiologis, psikologis, sosiokultural dan spiritual sebagai suatu kesatuan yang utuh. Salah satu aspek dalam hal ini adalah psikologis seseorang, saat psikologis seseorang terganggu maka kesehatannya akan mengalami gangguan pula. Salah satu masalah psikologis yang biasa dialami manusia adalah stres. Stres normal dihadapi setiap manusia dalam menjalani hidup,tidak terkecuali mahasiswa. Mahasiswa mengalami stres dari berbagai sumber baik dari diri sendiri maupun lingkungan, Salah satu nya adalah masalah akademik. Stres akademik dapat diartikan sebagai suatu keadaan individu mengalami tekanan hasil persepsi dan penilaian tentang stresor akademik yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan dan pendidikan di perguruan tinggi. Persepsi merupakan suatu proses kognitif psikologis dalam diri individu yang mencerminkan sikap, kepercayaan, nilai dan pengharapan yang digunakan individu untuk memahami objek yang dipersepsikan. Persepsi yang salah tentang figur perawat akan mengakibatkan kekurangtertarikan seorang mahasiswa keperawatan untuk menjadi perawat sehingga akan mempengaruhi keterampilan praktik klinik. Penelitian ini menggunakan desain penelitian survei analitik dengan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan profesi Ners di PSIK Unej yang sedang menempuh pendidikan profesi tahun 2017 angkatan 18. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan total sampling. Jumlah sampel penelitian yang peneliti gunakan adalah sebanyak 65 responden. Data yang didapatkan kemudian dianalisis dengan menggunakan uji statistik Spearman Rank untuk mengetahui hubungan persepsi dan stress pada mahasiswa profesi. Nilai p value sebesar 0,425. Nilai ini lebih besar dari 0,05 (0,425 > 0,05) atau dapat dikatakan bahwa Ha ditolak yang menyatakan bahwa tidak ada hubungan antara persepsi tentang profesi perawat dan stress pada mahasiswa profesi di PSIK Unej. Saran penelitian ini adalah lembaga pendidikan diharapakan mampu meningkatkan pengetahuan mahasiswa mengenai profesi perawat sehingga meningkatkan kesiapan mahasiswa dalam menempuh profesi nersen_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries102310101076;
dc.subjectPERSEPSI MAHASISWAen_US
dc.subjectPROFESI PERAWATen_US
dc.subjectPROFESIen_US
dc.titleHUBUNGAN PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PROFESI PERAWAT DENGAN STRES PADA MAHASISWA PROFESI NERS PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN UNIVERSITAS JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record