Show simple item record

dc.contributor.advisorWijaya, Dodi
dc.contributor.advisorPurwandari, Retno
dc.contributor.authorKhoiriyah, Nikmatul
dc.date.accessioned2018-04-02T04:23:15Z
dc.date.available2018-04-02T04:23:15Z
dc.date.issued2018-04-02
dc.identifier.nim122310101075
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85101
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan tingkat kepuasan mahasiswa keperawatan tahap akademik dan tahap profesi di Universitas Jember. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survei analisis dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik probability sampling yaitu simple random sampling. Responden yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 156 mahasiswa aktif yang terbagi atas 93 responden tahap akademik dan 63 responden tahap profesi. Mahasiswa yang menjadi responden berasal dari angkatan 2013 sampai 2015 untuk responden tahap akademik serta angkatan 18 dan angkatan 19 untuk responden tahap profesi. Pengumpulan data menggunakan kuesioner karakteristik responden, kuesioner tingkat kepuasan mahasiswa tahap akademik dan kuesioner tingkat kepuasan mahasiswa tahap profesi. Hasil penelitian terhadap tingkat kepuasan mahasiswa keperawatan tahap akademik menunjukkan bahwa 86% responden berada pada kategori puas dengan tingkat kepuasan paling tinggi berada pada dimensi reliability yaitu sebesar 83,9% responden, namun diantara lima dimensi tersebut pada dimensi responsiveness sejumlah 3,2% responden termasuk pada kategori tidak puas. Responden tahap profesi sebanyak 81% responden juga berada pada kategori puas, dengan tingkat kepuasan paling tinggi berada pada dimensi tangible, namun diantara lima dimensi tersebut pada dimensi responsiveness sejumlah 4,8% responden dan dimensi assurance sejumlah 1,6% responden termasuk pada kategori tidak puas. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji mann-whitney. Hasil analisis data dengan nilai p value = 0,316 (α=0.05;CI 95%), p value > α yang berarti Ha gagal diterima. Kesimpulan pada penelitian ini adalah tidak ada perbedaan tingkat kepuasan mahasiswa keperawatan tahap akademik dan tahap profesi di Universitas Jem\ber. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi aspek yang butuh untuk di tingkatkan dalam upaya untuk mengoptimalkan pelayanan. Pengembangan penelitian terkait tingkat kepuasan sebagai akibat dari kualitas pelayanan yang diterima perlu untuk dilakukan secara berkala dengan cara institusi dapat menindak lanjuti dengan menyusun alat ukur yang lebih spesifik untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa sesuai dengan kondisi yang ditempuh oleh mahasiswa tahap akademik dan tahap profesi.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectKepuasan Konsumenen_US
dc.subjectProfesi Keperawatanen_US
dc.titlePERBEDAAN TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA KEPERAWATAN TAHAP AKADEMIK DAN TAHAP PROFESI DI UNIVERSITAS JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record