APLIKASI BAHASA INGGRIS SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI DAN INFORMASI PADA FRONT OFFICE DEPARTMENT HOTEL KALIBARU-BANYUWANGI
Abstract
Sumber daya manusia sektor pariwisata kita sekarang ini identik dengan pelayanan akomodasi dan jasa tata hidangan. Kenyataan memang demikian, sebab kegiatan industri pariwisata lebih banyak didominasi oleh kegiatan akomodasi dan restoran. Akan tetapi selain kegiatan pariwisata tersebut, masih banyak terdapat kegiatan pariwisata yang. lain. Sumber daya manusia sektor pariwisata bukan hanva sebagai faktor produksi saja tetapi harus ditempatkan pada kedudukan yang lebili bergengsi pada posisi sebagai pengambil keputusan (decision maker) dan (pengambil kebijaksanaan (policy maker). Untuk mewujudkanya kita perht peran aktifdua unsur ini, yaitu :
a) Peran komunikasi dan.
b) Peran infonnasi
Peranan komunikasi dan infonnasi tidak lepas dan bahasa yang digunakan claim dunia Internasional yaitu bahasa Inggris. Yang digunakan diberbagai bidang diantaranya dalam dunia bisnis yang dikhususkan lagi pada bidang perhotelan. Bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional telah banyak diterapkan pada hotel-hotel, seperti contohnya yang dilakukan oleh Hotel Kalibaru. yang bergerak pada bidang pelayanan akomodasi, yang mana mayoritas taint' berasal dan mancanegara. Hal ini dapat dilakukan dengan membangun rasa profesionalisme kerja, dimana keberhasilan suatu usaha tergantung pada kualitas para pekerja. Front Office Departement adalah suatu bagian hotel yang letak atau bagian operasinya dibagian depan dari pada suatu hotel. Yang mana pertama kali kita jumpai pada waktu memasuki hotel. Front Office Departement merupakan suatu titik pusat aniara tamu hotel yang sebagian besar tamu dari mar negeri. sehingga paling tidak semua karyawan atau staff dituntut untuk memberi pelayanan komunikasi dan memberi infonnasi dengan menggunakan bahasa Inggris yang baik dan benar.