dc.description.abstract | Penentuan Jurusan meruapakan salah satu upaya agar siswa dapat fokus dalam
mempelajari dan mendalami bakat mereka masing – masing pada bidang akademik.
Sistem Rekomendasi Penentuan Jurusan dengan pengimplementasian K-Neraest
Neighbor ini nantinya akan membantu dalam proses Jurusan tersebut, sehingga dapat
mempermudah dalam proses Jurusan. Ada beberapa kriteria yang dipakai dalam
penelitian dan pembangunan sistem ini. Proses K-Nearest Neighbor dimulai dari
penentuan kriteria, penentuan nilai K, normalisasi data uji dan data training,
perhitungan euclidean distance, sorting dan penarikan kesimpulan. K-Nearest
Neighbor bekerja dengan mencari jarak terpendek sampai terjauh antara data uji
dengan data training. Metode ini mengambil data teratas sesuai K yang telah
diinputkan dan menarik kesimpulan hasil perhitumngan dilihat dari jumlah data yang
sama yg telah diambil sesuai dengan K. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian
pengembangan. Model pengembangan perangkat lunak untuk perancangan dan
pembangunan dari sistem ini menggunakan model waterfall. Terdapat 5 tahapan
penelitian yaitu : analisis kebutuhan, desain sistem, implementasi sistem, pengujian
sistem, dan pemeliharaan sistem. Analisis kebutuhan merupakan tahap untuk
mengumpulkan data dan informasi yang dibutuhkan dalam membangun sebuah
perangkat lunak. Analisis kebutuhan tediri dari studi pustaka, wawancara, dan
gambaran umum sistem. Desain sistem menggunakan model Unified Modeling
Language (UML) yang dirancang menggunakan konsep Object Oriented
Programming (OOP). Implementasi sistem menggunakan Bahasa pemrograman
Page Hyper Text Pre-Processor (PHP) dan manajemen basis data MySQL sistem
dilakukan dengan menggunakan 2 cara yaitu White Box dan Black Box Testing.
Pemeliharaan sistem ini dilakukan dengan melakukan perbaikan pada error yang
terdapat dalam perangkat lunak. Sistem ini dibangun berbasis website. | en_US |