Show simple item record

dc.contributor.advisorSUBIKI
dc.contributor.advisorWAHYUNI, Sri
dc.contributor.authorMAULANA, Andika
dc.date.accessioned2018-02-09T01:30:06Z
dc.date.available2018-02-09T01:30:06Z
dc.date.issued2018-02-09
dc.identifier.nimNIM130210102014
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84208
dc.description.abstractLembar kerja siswa adalah sebuah petunjuk pratikum atau eksperimen siswa dalam melakukan kegiatan tersebut. Kegiatannya berupa langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu permasalahan maupun tugas dan harus sesuai dengan kompetensi dasar. LKS merupakan unsur wajib dalam pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013. Berdasarkan wawancara, penggunaan LKS pada mata pelajaran fisika seperti gerak harmonis masih jarang digunakan, LKS yang sudah digunakan belum menggunakan discovery learning, pelaksanaan pratikum fisika jarang karena faktor waktu serta sarana di laboratorium fisika. Hal tersebut menimbulkan unsur kinerja pratikum siswa kurang baik. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah pemanfaatan teknologi guna membantu dalam pembelajaran. Salah satu contohnya, dapat membuat sebuah webpage yang dapat memasukkan beberapa konten seperti gambar, video, simulasi pratikum virtual. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan validitas, kinerja pratikum virtual siswa, dan motivasi belajar siswa pada lembar kerja siswa (LKS) berbantuan webpage berbasis discovery learning pokok bahasan getaran harmonik sederhana di SMA. Metode pelaksanaan penelitian menggunakan model pengembangan 4D milik Thiagarajan. Proses tahapan dalam model 4D milik Thiagrajan tersebut yaitu (1) define (tahap pendefinisian), (2) design (tahap perancangan), (3) develop (tahap pengembangan), dan (4) disseminate (tahap penyebaran). Metode validasi menggunakan lembar validasi yang diberikan kepada validator, metode kinerja pratikum virtual siswa menggunakan observasi dan laporan, metode motivasi belajar siswa menggunakan lembar angket motivasi belajar. Berdasarkan hasil penilaian dari para validator didapatkan dengan nilai rata- rata presentase 86.5% dengan kategori validitas sangat valid. Hasil validasi dapat dikatakan sangat valid atau dapat digunakan tanpa revisi karena nilai validasinya terdapat pada rentang 85,01% - 100,00%. Hasil penilaian para validator menunjukkan bahwa LKS hasil pengembangan sudah layak diterapkan di sekolah, namun LKS tersebut belum dikatakan mencapai hasil yang maksimal karena masih ada sedikit saran perbaikan. Penelitian dilakukan di SMAN Pakusari kelas X MIPA 4 dengan jumlah siswa 33. Pelaksanaan penelitan selama sembilan jam tatam muka. Dalam tahap penilaian produk diperoleh dua data yaitu penilaian kinerja pratikum virtual siswa dan motivasi belajar siswa yang menggunakan angket tiap individu. Pada penilaian kinerja pratikum virtual siswa dilakukan pada kegiatan pertama dan kegiatan kedua. Berdasarkan analisis didapatkan penilaian kinerja pratikum virtual siswa kegiatan pertama pada aspek satu, dan aspek dua 65.67% kategori sedang. Pada aspek tersebut masih banyak siswa yang bingung mengindentifikasi fungsi alat dan bahan pada simulasi virtualnya. Masih banyak siswa nilai kemampuan sedang pada aspek tersebut. Berdasarkan data tersebut pada aspek satu dan dua nilai skor dua lebih dominan. Hal ini karena ada indikator yang tidak dilatihkan pada kegiatan pratikum virtual. Pada aspek tiga, empat, lima dan enam presentase diatas 55% dengan kategori baik. Tapi pada aspek keenam presentase 50.05% dengan kategori sedang. Pada kinerja pratikum virtual siswa kegiatan dua pada aspek satu, dua, tiga, empat, dan lima mendapatkan presentase diatas 50% dengan kategori baik. Sedangkan aspek keenam presentase 53.05% tergolong sedang. Jadi, kinerja pratikum virtual siswa kegiatan satu secara classical mendapatkan presentase 49.2% dengan kategori sedang dan pada kegiatan dua 59% dengan kategori baik. Dampak lain yang diukur adalah motivasi belajar siswa setelah pembelajaran. Berdasarkan data analisis secara classical motivasi belajar siswa adalah 75.30% tergolong termotivasi. Hal ini menunjukkan bahwa siswa merasa senang atau termotivasi terhadap pembelajaran dengan LKS berbantuan webpage yang merupakan hal baru bagi siswa sehingga muncul dorongan pada diri siswa yang menyebabkan proses pembelajaran berlangsung dengan baik.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries130210102014;
dc.subjectLEMBAR KERJA SISWA (LKS)en_US
dc.subjectWEBPAGE BERBASIS DISCOVERY LEARNINGen_US
dc.subjectBAHASAN GETARAN HARMONIK SEDERHANAen_US
dc.titlePENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBANTUAN WEBPAGE BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA POKOK BAHASAN GETARAN HARMONIK SEDERHANA DI SMAen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record