Show simple item record

dc.contributor.authorFeri Ekaprasetia
dc.date.accessioned2013-12-12T03:18:01Z
dc.date.available2013-12-12T03:18:01Z
dc.date.issued2013-12-12
dc.identifier.nimNIM092310101005
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8396
dc.description.abstractMasa remaja merupakan masa peralihan dari masa anak-anak yang sangat tergantung pada orang lain ke masa dewasa yang hidup secara mandiri dan bisa bertanggung jawab. Masa remaja juga sering kali melakukan trial and eror tanpa memperhatikan akibatnya dan rentan terhadap kenakalan remaja. Merokok merupakan salah satu contoh kenakalan remaja. Berdasarkan hasil studi pendahuluan pengetahuan tentang merokok kepada 20 siswa di Madrasah Aliyah Nurul Qarnain Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember yang didapatkan pengetahuan siswa tentang merokok digolongkan 30 % siswa tergolong baik, 50% siswa tergolong cukup, 20% siswa tergolong kurang. Studi pendahuluan yang dilakukan juga mendapatkan hasil tentang sikap mencegah merokok pada siswa dengan hasil sebanyak 7 siswa setuju dengan pernyataan bahwa merokok tidak berbahaya jika dilakukan sekali sehari, sebanyak 11 siswa setuju dengan pernyataan bahwa seorang laki-laki yang sudah dewasa wajar jika diperbolehkan merokok, sebanyak 8 siswa setuju dengan pernyataan bahwa merokok adalah salah satu hal yang baik untuk menghilangkan stress dan sebanyak 7 siswa setuju dengan pernyataan bahwa merokok tidak berbahaya karena yang berbahaya adalah narkoba. Hal tersebut membuktikan bahwa sebagian besar sampel studi pendahuluan siswa kurang baik sikapnya terhadap perilaku merokok. Data yang didapatkan menunjukkan bahwa sebagian besar remaja berada pada Madrasah Aliyah yang merupakan usia resiko dalam hal perubahan kesehatan terutama terkait dengan sifat remaja yang selalu ingin mencoba hal yang baru. Upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap remaja dalam mencegah merokok adalah dengan dilakukannya pendidikan kesehatan dengan metode Student Team Achievement Team Division (STAD). Student Team Achievement Team Division (STAD) merupakan suatu metode yang menekankan pada adanya aktivitas dan interaksi diantara siswa untuk saling memotivasi dan saling membantu dalam menguasai materi yang diberikan guna mencapai prestasi yang maksimal. Hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan sikap remaja di Madrasah Aliyah Nurul Qarnain Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember sehingga dapat mengurangi jumlah perokok remaja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Student Team Achievement Team Division (STAD) terhadap Pengetahuan dan Sikap Mencegah Merokok Remaja Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Nurul Qarnain Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember. Jenis penelitian ini adalah Quasy Eksperimen dengan menggunakan pendekatan Non-Equivalent Control Group. Teknik pengambilan sampel dengan teknik multistage random sampling dan didapatkan jumlah sampel penelitian sebanyak 48 responden dengan 24 responden kelompok kontrol dan 24 responden kelompok intervensi. Alat pengumpulan data penelitian terdiri dari lembar kuisioner untuk variabel pengetahuan dan sikap. Analisis data yang digunakan menggunakan uji Wilcoxon dan uji Mann Whitney. Hasil analisis menunjukkan terjadi peningkatan pengetahuan responden sebelum intervensi dengan setelah intervensi yaitu dari 14 responden menjadi 22 responden setelah dilakukan intervensi pada kategori pengetahuan tinggi, terjadi peningkatan sikap pada responden kelompok intervensi, yaitu 2 responden sebelum dilakukan intervensi menjadi 12 responden setelah dilakukan intervensi pada kategori sikap baik. Hasil uji statistik dengan uji Wilcoxon menunjukan P value pengetahuan sebesar 0,013 dan melihat derajat kesalahan (α=0,05) maka P value < 0,05 dan P value sikap sebesar 0,005 dan melihat derajat kesalahan (α=0,05) maka P value < 0,05 sedangkan hasil uji Mann Whitney menunjukkan P value pengetahuan dan sikap sebesar 0,000 dan melihat derajat kesalahan (α=0,05) maka P value < 0,05. Hasil analisis statistik didapatkan terdapat pengaruh antara STAD terhadap pengetahuan dan sikap mencegah merokok sebelum dan sesudah dilakukan intervensi pada siswa di MA Nurul Qarnain dan terdapat perbedaan pengaruh STAD terhadap pengetahuan dan sikap pada kelompok kontol dan kelompok intervensi setelah pemberian intervensi pada siswa di MA Nurul Qarnain Sukowono Jember. Pengetahuan dan sikap adalah salah satu faktor yang dapat mempengaruhi remaja untuk merokok. Pengetahuan dan sikap dapat ditingkatkan dengan adanya pendidikan kesehatan yang menarik dan mudah dipahami oleh remaja. Merokoknya remaja tidak hanya dipengaruhi oleh pengetahuan dan sikap tetapi juga adanya faktor lain yang tidak ikut dalam penelitian.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries092310101005;
dc.subjectSTAD, MEROKOK, REMAJA MADARASAH ALIYAH, PONDOK PESANTREN NURUL QARNAINen_US
dc.titlePENGARUH STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP MENCEGAH MEROKOK PADA REMAJA MADARASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN NURUL QARNAIN KECAMATAN SUKOWONO KABUPATEN JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record