STRATEGI BERSAING KAOS KHAS BANYUWANGI “BLAMTEES”
Abstract
Perkembangan bisnis dalam era globalisasi ini semakin lama semakin menunjukkan persoalan-persoalan yang harus dihadapi oleh para pelaku bisnis. Salah satu persoalan yang harus dihadapi para pelaku bisnis ini adalah dalam hal persaingan, oleh karena itu salah satu usaha yang dilakukan perusahaan untuk memenangkan persaingan adalah dengan menerapkan strategi bersaing yang tepat. Banyuwangi merupakan kabupaten yang terletak di ujung timur pulau Jawa dan sedang berkembang sehingga banyak peluang bisnis yang bisa dimanfaatkan melalui potensi-potensi yang dimiliki daerah tersebut. Salah satu bisnis yang mulai berkembang di Banyuwangi adalah bisnis clothing. “BLAM tees” memanfaatkan potensi, budaya, adat istiadat, pariwisata dan bahasa osing untuk menciptakan produk kaos khas Banyuwangi. Permasalahan utama yang dihadapi oleh “BLAM tees” saat ini adalah target produksi yang belum terpenuhi. Hal ini dikarenakan permintaan pasar lebih besar dari pada persediaan yang ada di outlet (demand > supply). Tidak terpenuhinya target produksi ini disebabkan oleh kapasitas produksi yang tidak mampu memenuhi kebutuhan pasar. Ketika kapasitas produksi tidak terpenuhi dan permintaan lebih besar dari pada persediaan produksi, maka memiliki kemungkinan pelanggan yang tidak menetap di Banyuwangi ( tamu wisata ) akan berpindah ke outlet yang lain.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif di pilih karena dapat menggambarkan fenomena yang terjadi secara lebih jelas dan mendalam. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penentuan informan melalui metode purposive, dimana informan ditentukan dengan beberapa pertimbangan tertentu. Proses pengumpulan data dibagi menjadi dua yaitu: pengumpulan data primer dan data sekunder