dc.description.abstract | Teko berfungsi sebagai tempat menampung air minum. Bahan pembuatan
teko dapat terbuat dari plastik atau melamin, kaca, perak, tanah liat, alumunium,
ataupun stainless steel. Teko umumnya dibuat dengan bentuk yang artistik dan
ditempatkan di atas meja makan. Keragaman bentuk teko banyak terkait dengan
kajian geometri yaitu berkenaan dengan jumlah komponen pembangun benda
ataupun bahan dasar bentuk benda geometri sederhana yang digunakan seperti
tabung, bola, dan prisma. Namun model teko tersebut masih memiliki kekurangan
tampilan bentuk, misalnya bagian utama teko terbangun hanya dari satu bentuk
benda ruang seperti bola dan tabung sehingga modelnya terlihat monoton.
Penulisan skripsi ini mempunyai tujuan untuk memodelisasi bagian utama teko
dengan pemotongan dan deformasi benda-benda geometri ruang berupa tabung,
bola, dan prisma segi empat, serta penggabungan benda dasar hasil pemotongan
dan pemodelan pada dua jenis kerangka penggabungan sehingga menghasilkan
teko yang bervariasi.
Penelitian modelisasi bagian utama teko ini dibagi menjadi beberapa
tahapan. Tahapan pertama adalah membangun beberapa benda dasar sebagai
komponen penyusun bagian utama teko dari pemotongan dan deformasi tabung,
bola, dan prisma. Dalam hal ini yang dilakukan yaitu mengoperasikan titik dan
kurva kemudian membangun permukaan lengkung atau menginterpolasikan kurva
tersebut. Tahapan kedua adalah merangkai beberapa benda-benda dasar
komponen bagian utama teko pada dua jenis kerangka penggabungan yaitu model
satu kerangka dan empat kerangka. Dalam hal ini, membagi kerangka menjadi
beberapa segmen untuk model satu kerangka dan membagi kerangka menjadi
beberapa bidang untuk model empat kerangka kemudian mengisi setiap bagian segmen atau bidang tersebut dengan benda dasar komponen bagian utama teko
sehingga menghasilkan model bagian utama teko yang tergabung kontinu dan
bervariasi. Selanjutnya tahapan terakhir dilakukan programasi untuk
memodelisasi botol parfum tersebut dengan bantuan software Maple 18.
Hasil penelitian ini mendapatkan dua prosedur untuk memodelisasi bagian
utama teko, yang pertama prosedur untuk mendesain beragam bentuk komponen
penyusun bagian utama teko dari benda dasar tabung, bola, dan prisma segi
empat, dapat dilakukan prosedur dengan langkah-langkah sebagai berikut.
Pertama, menetapkan titik potong untuk membangun bidang potong pada bola,
prisma segi empat, dan tabung, kemudian menentukan dua buah titik masingmasing
terletak pada sisi atas, sisi bawah dan sisi tegak tabung dan prisma segi
empat. Kedua, mengoperasikan titik-titik tersebut, yaitu: (a) membangun bidang
dengan titik potong yang ditetapkan, (b) membangun kurva Hermit atau kurva
Bezier, dan (c) menginterpolasikan kurva tersebut sehingga menghasilkan bentuk
benda dasar komponen bagian utama teko yang bervariasi. Prosedur kedua yaitu
merangkai komponen penyusun bagian utama teko pada dua jenis model kerangka
yaitu model satu kerangka penggabungan dan model empat kerangka
penggabungan, prosedurnya sebagai berikut. Pertama, membagi sumbu menjadi
beberapa segmen untuk model satu kerangka dan membagi sumbu menjadi
beberapa bidang untuk model empat kerangka. Kedua, mengisi setiap bagian
segmen atau bidang tersebut dengan benda dasar komponen bagian utama teko
sehingga menghasilkan bagian utama teko yang tergabung kontinu dan bervariasi | en_US |