dc.description.abstract | Pelayanan publik adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka
pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan
bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa, dan/atau pelayanan
administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik. Warga negara
berharap pelayanan publik dapat melayani dengan kejujuran dan pengelolaan
sumber penghasilan secara tepat, dan dapat dipertanggungjawabkan kepada
publik. Pelayanan publik yang adil dan dapat dipertanggungjawabkan
menghasilkan kepercayaan publik.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja pegawai di Unit-Unit
Pelayanan Publik Kabupaten Jember meliputi Dinas Kependudukan dan
Pencatatan Sipil, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi dan Badan Kesatuan
Bangsa dan Politik. Penelitian ini menggunakan variabel kepuasan kerja dan
budaya organisasi untuk menganalisis pengaruh kinerja pegawai. Selain itu,
penelitian ini juga menggunakan komitmen organisasi sebagai variabel
intervening untuk menganalisis pengaruh tingkat komitmen pegawai.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai meliputi Pegawai
Negeri Sipil (PNS) dan pegawai honorer. Populasi ini berjumlah 116 pegawai.
Penelitian ini menggunakan metode sensus. Namun setelah pengambilan hanya
106 kuesioner yang terisis penuh. Data dikumpulkan dengan menggunakan
metode kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini dioperasikan melalui
program SEM (Structural Equation Modeling) dengan program/perangkat lunak
IBM SPSS Analisis of Moment Structure (AMOS) AMOS 7. | en_US |