PROSEDUR PELAYANAN PENJUALAN TIKET PESAWAT DI PT. NUANSA WISATA PRIMA NUSANTARA JEMBER
Abstract
Sektor pariwisata saat ini telah menjadi industri yang sangat diandalkan oleh Negara Indonesia. 
Perjalanan yang dilakukan oleh wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara meningkat setiap 
tahunnya. Transportasi udara menjadi salah satu pilihan yang banyak digunakan oleh calon penumpang 
dengan berbagai macam penerbangan yang ada di Indonesia. Hal ini menunjukkan peran Biro Perjalanan 
Wisata (BPW) sebagai salah satu agen dari maskapai penerbangan tersebut semakin besar untuk 
memberikan pelayanan terbaik nya bagi para calon konsumen yang akan melakukan perjalanan.
PT. Nuansa Wisata Prima Nusantara Jember merupakan sebuah perusahan jasa khususnya dibidang Tour 
Operator atau Tour Organizer yang selalu berusaha memberikan pelayanan yang baik. Perusahaan ini 
memiliki beberapa program layanan diantaranya produk tour dan travel, penjualan tiket pesawat, 
pemesanan hotel, pengurusan dokumen perjalanan paspor dan visa, umroh, produk mice, training dan 
outbound. Tujuan pelaksanaan Praktik Kerja Nyata di PT. Nuansa Wisata Prima Nusantara Jember yang 
dilakukan pada tanggal 9 Januari 2017 sampai 9 Mei 2017 adalah untuk mengetahui dan menjelaskan 
prosedur pelayanan penjualan tiket pesawat  pada PT. Nuansa Wisata Prima Nusantara Jember.
Prosedur Pelayanan penjualan tiket pesawat dibagi beberapa tahap yaitu calon penumpang datang 
langsung kemudian memberi informasi mengenai jadwal dan rute penerbangan yang akan dituju kemudian 
staf tikeing melakukan reservasi, issued ticket, invoice sebagai tanda bukti, pembayaran oleh calon 
penumpang lalu mencetak tiket dan yang terakhir adalah pembukuan. Prosedur pembatalan tahapanya 
calon penunpang datang langsung atau bisa melalui telepon untuk memberikan informasi mengenai 
pembatalan tiket kemudian staf tiketing melakukan pembatalan melalui situs online keagenan setelah 
proses pembatalan
berhasil lalu tahap terakhir yaitu memberi keterangan pembatalan dipembukuan, kemudian prosedur 
pengembalian uang tahapannya adalah calon penumpang datang langsung untuk memberi informasi 
mengenai pembatalan dan permintaan pengembalian uang lalu staf tiketing melakukan pembatalan dan 
proses pengembalian uang melalui online system keagenan ,setelah berhasil staf tiketing 
memberikankuitansi sebagai bukti pengembalian uang dan selanjutnya mencatat di pembukuan. Prosedur 
penjadwalan ulang langkah-langkahnya yaitu calon penumpang datang memberikan informasi mengenai 
pengubahan jadwal penerbangan kemudain staf tiketing mengubah jadwal sesuai keputusan calon 
penumpang lalu issued ticket, invoice, pembayaran, cetak tiket dan terakhir pembukuan.
Cara PT. Nuansa Wisata Prima Nusantara mengatasi masalah yang sering ditimbulkan adalah dengan 
mencari inti permasalahan dan mencari solusi yang tepat dalam penyelesaiannya. Prosedur pelayanan 
penjualan tiket pesawat di PT. Nuansa Wisata Prima Nusantar secara online system digunakan untuk 
meningkatkan kualitas pelayanan dalam melayani calon penumpang yang akan berdampak pada kepuasan 
konsumen dan citra perusahaan.
