• Login
    View Item 
    •   Home
    • DIPLOMA PROGRAMME PRACTICE REPORT (Laporan Diploma)
    • Diploma Programme - Faculty of Economics
    • View Item
    •   Home
    • DIPLOMA PROGRAMME PRACTICE REPORT (Laporan Diploma)
    • Diploma Programme - Faculty of Economics
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pelaksanaan Administrasi Keuangan atas Barang Konsinyasi pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Universitas Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Apri Trisusanti 990803102126_.pdf (14.11Mb)
    Date
    2017-10-18
    Author
    TRISUSANTI, Apri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil Praktek Kerja Nyata yang telah dilaksanakan di Koperasi Pegawai Republik Indonesia Universitas Jeinber mengenai Pelaksanaan Administrasi Keuangan untuk Barang Konsinyasi dapat disimpulkan terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap penerimaan, tahap penjualan dan tahap pembayaran. Transaksi penerimaan barang konsinyasi di Koperasi Pegawai Republik Indonesia Universitas Jember merupakan transaksi pembelian kredit dan akan dibayar pada saat jatuh tempo. Pelaksanaan administrasi keuangan dimulai pada saat terjadi pengiriman barang konsinyasi dari pengamanat ke KPRI Universitas Jember, kemudian dibuatkan nota pembelian barang. Pelaksanaan administrasi keuangan unit usaha pertokoan untuk penjualan barang konsinyasi dibedakan atas penjualan tunai dan penjualan kredit. Saat terjadi transaksi penjualan tunai dibuatkan nota penjualan tunai, setelah itu dimasukkan ke laporan penjualan harian dan berita acara serah terima yang harus disetorkan kasir toko ke kasir pusat. Dan oleh kasir pusat dimasukkan ke bukti penerimaan. Selanjutnya dibukukan pada buku penjualan, hal ini dilakukan setiap hari. Sedangkan untuk penjualan kredit, pelaksanaan administrasi keuangan dimulai pada saat terjadi penjualan kredit dan basil rekapitulasi penjualan dari nota penjualan kredit diserahkan ke kasir pusat untuk diproses lebih lanjut. Pelaksanaan administrasi keuangan untuk pembayaran barang konsinyasi terjadi saat jatuh tempo. Pembayaran barang konsinyasi didasarkan atas volume hasil penjualan setelah dikurangi komisi, sedangkan untuk barang konsinyasi yang tidak terjual akan dikembalikan atau diretur. Transaksi pembayaran barang konsinyasi ini oleh kasir pusat dicatat dan dibuatkan bukti pengeluaran yang diterbitkan oleh KPRI Universitas Jember. Bukti tersebut harus di lampiri dengan dokumen atau bukti pendukung lainnya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82168
    Collections
    • Diploma Programme - Faculty of Economics [1296]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository