PELAKSANAAN ADMINISTRASI PELAYANAN PENJUALAN PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) LUMAJANG
Abstract
Berdasarkan hasil kegiatan Praktek Kerja Nyata (PKN) yang dilaksanakan tanggal 17 Juni 2000 sampai dengan 15 Agustus 2001 pada PDAM Lumajang, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :
1. Kegiatan yang dilakukan di bagian hubungan langganan meliputi :
a. Pengisian Surat Permohonan Langganan (SPL) artinya surat yang berisikan permohonan dari calon pelanggan untuk menjadi pelanggan air minum pada PDAM
b. Pemasangan sambungan baru
c. Pembacaan dan pencatatan meter air yang telah dikonsumsi oleh pelanggan ke dalam DSML
d. Pembuatan rekening yang telah ditetapkan kemudian bagian rekening menyelesaikan perhitungan
e. Penagihan yang dilakukan melalui bank, kantoryang sekaligus merupakan laporan bagi pelanggan yang rekeningnya menunggak dan PDAM akan memutuskan sambungan.
2. Pelaksanaan administrasi pelayanan penjualan pada PDAM meliputi
a. Pengisian surat permohonan menjadi pelanggan (SPL) oleh pelanggan
b. Pembacaan meter air
c. Pembuatan rekening
d. Penagihan Kegiatan PKN dilakukan secara tidak langsung yaitu menerima penjelasan, pengarahan dan petunjuk-petunjuk mengenai hal-hal yang berhubungan dengan administrasi pelayanan jasa