Show simple item record

dc.contributor.advisorHobri
dc.contributor.advisorSusanto
dc.contributor.authorAjarsari, Elly
dc.date.accessioned2017-08-24T02:43:28Z
dc.date.available2017-08-24T02:43:28Z
dc.date.issued2017-08-24
dc.date.submitted
dc.identifier.nim150220101008
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/81423
dc.description.abstractPerangkat pembelajaran adalah sekumpulan sumber belajar yang memungkinkan siswa dan guru melakukan kegiatan pembelajaran (Hobri, 2010:32). Perangkat pembelajaran yang diperlukan dalam mengelola proses belajar mengajar dapat berupa; Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan Tes Hasil Belajar. Oleh karena itu, untuk mencapai tujuan pembelajaran diperlukan suatu perangkat pembelajaran sebagai alat yang digunakan oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Untuk mengembangkan kecerdasan spasial siswa, tentunya diperlukan strategi pembelajaran yang khusus, salah satunya pengembangan perangkat pembelajaran. Dalam penelitian ini, dikembangkan perangkat pembelajaran pokok bahasan Bangun Ruang Sisi Datar berbasis Project Based Learning untuk mengembangkan kecerdasan spasial siswa. Kecerdasan spasial siswa dapat dimunculkan melalui model pembelajaran. Salah satu model yang direkomendasikan dalam Kurikulum 2013 adalah model pembelajaran Project Based Learning. Melalui model pembelajaran ini siswa dituntut untuk lebih kreatif dalam pemecahan masalah. Siswa dituntut untuk lebih mandiri dalam pengerjaan suatu proyek. Pada model pembelajaran ini guru hanya sebagai fasilitator. Siswa memiliki hak penuh atas pengerjaan proyek. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan pengembangan perangkat pembelajaran materi Bangun Ruang Sisi Datar berbasis Project Based Learning dalam mengembangkan kecerdasan spasial siswa. 2) Untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan hasil pengembangan perangkat pembelajaran materi Bangun Ruang Sisi Datar berbasis Project Based Learning dalam mengembangkan kecerdasan spasial siswa Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang menghasilkan RPP, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan Tes Hasil Belajar (THB). Proses pengembangan perangkat pembelajaran ini beracuan pada model Thiagarajan Sammel and Sammel yang dimodifikasikan diawali dengan tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (desseminate). Tahapan pada penelitian ini adalah 1) Tahap pendefinian ini merupakan tahapan mendefinisikan kebutuhan-kebutuhan pembelajaran dengan menganalisis tujuan dan batasan materi. 2) Tahap perancangan bertujuan untuk merancang perangkat pembelajaran sehingga diperoleh prototype (contoh perangkat pembelajaran) yang selanjutnya disebut perangkat pembelajaran draft 1. Tahap ini dimulai setelah ditetapkan tujuan pembelajaran. Tahap perancangan ini terdiri dari 4 tahap, yaitu penyusunan tes, pemilihan media, pemilihan format, dan perancangan awal pembelajaran. 3) Tahap pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan draft 2, perancangan perangkat pembelajaran matematika disesuaikan dengan kisi-kisi yang telah dibuat pada bab 2. Kemudian perangkat pembelajaran ini divalidasi dan direvisi sehingga menghasilkan draft 2, dimana perangkat pembelajaran telah siap untuk diujicobakan. Setelah diujicobakan. 4) Tahap penyebaran merupakan tahap penggunaan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan pada skala yang lebih luas. Penyebaran perangkat final yakni perangkat pembelajaran pada bangun ruang sisi datar berbasis Project Based Learning untuk mengembangkan kecerdasan spasial. Hasil penelitian pengembangan yang dilakukan menghasilkan produk perangkat pembelajaran pada bangun ruang sisi datar berbasis Project Based Learning untuk mengembangkan kecerdasan spasial yang terdiri atas rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kerja peserta didik, dan tes hasil belajar dan telah memenuhi tiga kriteria, yaitu valid, praktis dan efektif. Sehingga dengan adanya perangkat pembelajaran ini, guru akan lebih melibatkan siswa dalam memecahkan masalah dan mengkonstruksi rumus luas permukaan dan volume balok kubus. Sehingga diharapkan dapat digunakan sebagai salah satu alternatif mengatasi permasalahan yang sering dihadapi guru maupun siswa. Dari hasil validasi perangkat pembelajaran diperoleh koefisien validasi 3,86 untuk RPP; 3,73 untuk Lembar Kerja Peserta Didik; 3,85 untuk lembar penilaian aktivitas siswa; 3,85 untuk lembar penilaian aktivitas guru; 3,89 untuk lembar Tes Hasil Belajar; 3,93 untuk angket respon siswa. Nilai-nilai tersebut menunjukkan bahwa perangkat telah memenuhi kriteria valid. Kepraktisan dan keefektifan didapat dari hasil uji coba lapangan yang dilakukan di MTs Negeri 8 Jember. Kepraktisan didapat dari hasil observasi aktivitas guru yang menunjukkan kriteria baik. Ini berarti bahwa perangkat yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kedua yaitu praktis. Sedangkan keefektifan dinilai dari tiga hal, yaitu hasil nilai THB siswa yang menunjukkan 92,31% tuntas; hasil observasi aktivitas siswa yang menunjukkan 95% hasil sangat aktif; dan hasil respon siswa yang menunjukkan kriteria positif dengan nilai 92,95%. Dari ketiga hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa perangkat telah memenuhi kriteria efektif. Kendala dalam proses penelitian ini terjadi pada saat proses pembelajaran berlangsung. Dimana siswa terbiasa dengan proses pembelajaran konvensional, pembelajaran terpusat pada guru dan berdiskusi hanya dengan teman sebangku. Sehingga wajar apabila siswa merasa masih sulit dalam menyesuaikan ketika diberikan model pembeljaran berbasis proyek yang terdiri dari 4-5siswa, suasana berdiskusi kelompok menjadi sedikit ramai. Dari hasil analisis tersebut dapat dikatakan bahwa perangkat pembelajaran matematika yang dikembangkan pendekatan saintifik model project based learning untuk mengembangkan kecerdasan spasial ini dapat digunakan untuk membantu mengatasi permasalahan yang dihadapi guru pada materi Bangun Ruang Sisi Datar kelas VIII karena telah memenuhi tiga kriteria, yaitu valid, praktis dan efektif. Selanjutnya, diperlukan uji coba pada sekolah lain yang berbeda kondisi untuk mendapatkan perangkat yang lebih berkualitas.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectProject Based Learning (PjBL)en_US
dc.subjectBangun Ruang Sisi Dataren_US
dc.titlePENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BANGUN RUANG SISI DATAR BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPASIALen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record