PELAKSANAAN ADMINISTRASI EMS (EKSPRESS MAIL SERVICE) PADA PT. POS INDONESIA KANTOR POS LUMAJANG
Abstract
Berdasarkan uraian kegiatan yang telah dilaksanakan selama Praktek Kerja Nyata pada PT POS INDONESIA (Persero) Kantor Pos Lumajang dapat disimpulkan bahwa:
1. Kegiatan administrasi PT POS INDONESIA (Persero) mempunyai peranan dan fungsi yang penting bagi pembangunan nasional sesuai dengan tujuannya yaitu untuk mengembangkan dan mengusahakan pelayanan pos dan giro dalam arti yang seluas-luasnya guna mempertinggi kelancaran hubungan masyarakat luas, baik dalam negeri maupun luar negeri dalam mencapai tujuan bersama.
2. PT POS INDONESIA (Persero) waktu masih berstatus (Perum) sistem yang digunakan hanya terbatas pada pelayanan sosial masyarakat, tetapi telah berubah status menjadi (persero) sistim yang digunakan dalam melakukan aktivitasnya berorientasi pada bisnis atau profit oriented (mencari keuntungan) dimana jenis pelayanannya adalah melayani publik atau masyarakat seperti:
a. pengiriman berita, uang dan barang sebagai pelayanan utama.
b. Pengiriman surat, seperti surat tercatat. kilat khusus sebagai pelayanan tambahan
c. Pembayaran pensiun, tabungan batara, pembayaran rekening listrik sebagai pelayanan keagenan.
3. Pelaksanaan Administrasi EMS (Express Mail Service) adalah kegiatan mulai menerima surat EMS (Express Mail Service) dari publik masuk keloket kemudian mencatat pada daftar pertanggungan atau daftar rekapitulasi melalui pengolahan dan ahirnya sampai pada pengiriman surat atau barang. EMS (Express Mail Service) merupakan sarana pengiriman surat, semua naskah, semua bentuk korespondensi dan barang yang memenuhi syarat pengiriman keluar negeri dengan waktu yang sangat singkat yaitu 72 jam dihitung mulai dari loket sampai penerimanya diluar negeri.