Show simple item record

dc.contributor.advisorHARIADI, Yuda C.
dc.contributor.advisorNURHAYATI, Arry Y.
dc.contributor.authorTAHIER, Ahmad Ridlo Hanifudin
dc.date.accessioned2017-08-04T01:48:32Z
dc.date.available2017-08-04T01:48:32Z
dc.date.issued2017-08-04
dc.identifier.nimNIM121810201056
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80735
dc.description.abstractKendaraan bermotor saat ini merupakan salah satu sarana transportasi yang paling umum digunakan di Indonesia. Sayangnya masih banyak kendaraan jenis sepeda motor tersebut tidak diimbangi dengan peningkatan kualitas sistem pengukuran yang presisi, salah satunya pada sistem indikator bahan bakar. Seringkali pengguna kendaraan bermotor kehabisan bahan bakar dan harus mendorong kendaraannya yang mati karena penyampaian informasi yang kurang detail. Oleh karena itu indikator bahan bakar yang akurat menjadi sangat penting demi menambah kenyamanan dalam berkendara. Penulis mempunyai gagasan penampil jumlah bahan bakar yang tersedia sekaligus alat pemrediksi jangkauan jarak dan waktu tempuh maksimum berdasarkan volume yang tersedia. Alat ini dirancang untuk memberikan tampilan volume kendaraan bahan bakar sepeda motor dalam tangki, jangkauan jarak dan waktu tempuh maksimum. Hasil kontruksi menggunakan sensor infrared GP2Y0A41SK0F sebagai sensor jarak, pengolah data Mikrokontroler dengan Arduino dan LCD 2 x 16 sebagai penampil. Kemudian input tinggi permukaan digunakan untuk mencari nilai volume dan prediksi jangkauan jarak dan waktu tempuh maksimum kendaraan bermotor. Setelah dilakukan penelitian, didapatkan kontruksi sistem pemrediksi jangkauan jarak dan waktu tempuh maksimum kendaraan bermotor berdasarkan volume bahan bakar yang tersedia. Sistem dapat menampilkan jumlah volume bahan bakar yang tersedia, prediksi jangkauan jarak dan waktu tempuh maksimum kendaraan bermotor. Inovasi sistem pengukuran ini mampu menambah kenyamanan pengguna kendaraan bermotor dalam berkendara. Pengendara tidak harus kebingungan menentukan kapan mengisi bahan bakar kendaraan. Secara umum, bisa dikatakan sistem pemrediksi jangkauan jarak dan waktu tempuh maksimum sudah berjalan dengan baik karena penyimpangan yang didapat antara prediksi sistem dengan kenyataan tidak terlalu besar. Hasil pengujian sistem secara keseluruhan mampu memprediksi jarak tempuh maksimum kendaraan dengan baik. Penyimpangan pada pembacaan volume antara sistem dan kenyataan adalah sebesar 4,18 %. Sedangkan penyimpangan pada prediksi jangkauan jarak dan waktu tempuh maksimum masing-masing adalah sebesar 6,2 % dan 11,92 %. Berdasarkan hasil tersebut, bisa dikatakan alat pemrediksi jangkauan jarak dan waktu tempuh maksimum memiliki akurasi yang baik karena penyimpangan dari sistem tidak melebihi batas toleransi 25%.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries121810201056;
dc.subjectPEMREDIKSI JANGKAUAN JARAK DAN WAKTU TEMPUHen_US
dc.subjectMIKROKONTROLERen_US
dc.subjectBAHAN BAKARen_US
dc.titleRANCANG BANGUN ALAT PEMREDIKSI JANGKAUAN JARAK DAN WAKTU TEMPUH MAKSIMUM KENDARAAN BERMOTOR BERDASARKAN JUMLAH BAHAN BAKAR YANG TERSEDIA DENGAN MIKROKONTROLERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record