• Login
    View Item 
    •   Home
    • DIPLOMA PROGRAMME PRACTICE REPORT (Laporan Diploma)
    • DP-Accounting
    • View Item
    •   Home
    • DIPLOMA PROGRAMME PRACTICE REPORT (Laporan Diploma)
    • DP-Accounting
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PROSEDUR PENYUSUNAN ANGGARAN BELANJA PADA DINAS KOPERASI, PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN (DISKOPERINDAG) BONDOWOSO

    Thumbnail
    View/Open
    PUTRI MAULINA LESTYORINI - 140803104032_.pdf (3.876Mb)
    Date
    2017-07-31
    Author
    LESTYORINI, Putri Maulina
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan kabupaten Bondowoso, yang berhubungan dengan prosedur penyusunan anggaran belanja, maka penulis dapat menarik kesimpulan sebagai berikut : 1. Prosedur Penyusunan Anggaran Belanja pada Diskoperindag. Setelah pedoman penyusunan RKA diterima oleh SKPD. SKPD menyusun Rencana Kerja dan Anggaran (RKA SKPD). Berikut langkah-langkah penyusunan RKA SKPD, antara lain : a. Rencana Kerja dan Anggaran Satuan Kerja Pemerintah Daerah (RKA-SKPD) disusun berdasarkan usulan dari masyarakat dan rencana kegiatan masingmasing sub dinas, yang berpedoman pada pedoman RKA. Kemudian diajukan ke Pemerintah Daerah. b. Pemerintah Daerah membahas RKA SKPD bersama Tim Anggaran Eksekutif. Kemudian menyusun RAPBD dan diajukan kepada DPRD selaku Tim Anggaran Legislatif. c. DPRD membahas RAPBD dalam sidang Paripurna dan menghasilkan hasil RAPBD dan Perda tentang APBD. Yang kemudian diserahkan kepada masing-masing SKPD. d. Setelah menerima hasil RAPBD dan Perda tentang APBD, Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) menyusun Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA). 2. Dalam melaksanakan prosedur penyusunan anggaran belanja pada Diskoperindag dan dalam kegiatan Praktek Kerja Nyata terdapat beberapa Formulir yang digunakan antara lain : a. Daftar Rekapitulasi Usulan dari Masyarakat b. Daftar Rencana Kerja dan Anggaran c. Dokumen Pelaksanaan Anggaran d. Surat Tugas e. Daftar Gaji f. Surat Permintaan Pembayaran g. Surat Permintaan Membayar 3. Kegiatan yang dilakukan selama Prakek Kerja Nyata (PKN) adalah sebagai berikut : a. Membantu bagian kepegawaian membuat surat tugas. b. Membantu bagian perencanaan dan pelaporan mengisi dokumen pelaksanaan anggaran. c. Membantu bagian keuangan dan aset mengisi daftar gaji, surat permintaan pembayaran langsung dan surat perintah membayar.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80521
    Collections
    • DP-Accounting [660]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository