dc.description.abstract | Kepuasan keluarga penting untuk mengevaluasi pelayanan keperawatan
pada anak, mengingat keluarga tak lagi dipandang sebagai pengunjung melainkan
mitra bagi perawat dalam perawatan anak. Bentuk pelayanan keperawatan yang
dapat meningkatkan kepuasan keluarga salah satunya adalah dengan
mengoptimalkan peran perawat anak, yang merupakan bentuk praktik
keperawatan profesional. Peran perawat anak meliputi pemberi perawatan,
advokat keluarga, pendidikan, konseling, kolaborasi, pengambil keputusan etik,
dan peneliti.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan peran perawat
anak dengan tingkat kepuasan keluarga selama proses hospitalisasi anak di ruang
anak RSD Balung Jember. Desain penelitian menggunakan observasional analitik
dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh keluarga pasien anak di ruang rawat inap anak Rumah Sakit
Daerah Balung Jember. Teknik sampling menggunakan quota sampling yaitu
dengan jumlah sampel 35 responden. Alat pengumpulan data menggunakan
x
kuesioner yang telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Data dianalisis
menggunakan Chi Square untuk mengetahui hubungan peran perawat anak dan
kepuasan keluarga selama proses hospitalisasi anak di ruang anak RSD Balung
Jember.
Hasil analisis karakteristik perawat di ruang rawat inap anak RSD Balung
Jember menunjukkan seluruhnya berjenis kelamin perempuan, mayoritas
pendidikan terakhir perawat adalah D3, sebagian besar perawat adalah Non-PNS,
sebagian besar gaji perawat dibawah UMK Kabupaten Jember, dengan masa kerja
tersingkat adalah 7 bulan dan masa kerja terlama adalah 225 bulan. Hasil analisis
karakteristik responden menunjukkan lebih dari 50% responden berumur 20-29
tahun, mayoritas jenis kelamin perempuan, pendidikan terakhir responden
terbanyak SMP, pekerjaan responden terbanyak ibu rumah tangga, sebagian besar
pendapatan responden dibawah UMK Kabupaten Jember, dan lebih dari 50%
responden bersuku Jawa.
Hasil uji statistik menunjukkan lebih dari 50% responden menilai bahwa
peran perawat anak baik. Indikator peran perawat anak yang yang memiliki
kategori paling baik yaitu peran sebagai pemberi perawatan dan indikator peran
perawat anak yang memiliki kategori paling kurang yaitu peran sebagai peneliti.
Hasil uji statistik menunjukkan lebih dari 50% responden memiliki tingkat
kepuasan yang tinggi. Indikator kepuasan keluarga yang memiliki kategori paling
tinggi adalah aspek kepedulian dan indikator kepuasan keluarga yang memiliki
kategori paling rendah adalah aspek bukti fisik. Terdapat hubungan antara peran
xi
perawat anak dengan tingkat kepuasan keluarga selama proses hospitalisasi anak
di ruang rawat inap anak RSD Balung Jember.
Pelaksanaan peran perawat anak yang optimal memberikan tingkat
kepuasan yang tinggi. Kepuasan yang tinggi menciptakan pengalaman positif dan
loyalitas terhadap pelayanan rumah sakit. Loyalitas pasien dapat menjadi
kekuatan dan dapat memberikan dampak positif pada rumah sakit. Sehingga
pasien akan kembali ke rumah sakit dan menggunakan jasa pelayanan kesehatan
lagi dimasa yang akan datang. | en_US |