Show simple item record

dc.contributor.advisorPurwandari, Retno
dc.contributor.advisorKurniawati, Dini
dc.contributor.authorJunianto, Tediy
dc.date.accessioned2017-07-20T06:44:21Z
dc.date.available2017-07-20T06:44:21Z
dc.date.issued2017-07-20
dc.identifier.nimNIM112310101033
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80398
dc.description.abstractKepuasan keluarga penting untuk mengevaluasi pelayanan keperawatan pada anak, mengingat keluarga tak lagi dipandang sebagai pengunjung melainkan mitra bagi perawat dalam perawatan anak. Bentuk pelayanan keperawatan yang dapat meningkatkan kepuasan keluarga salah satunya adalah dengan mengoptimalkan peran perawat anak, yang merupakan bentuk praktik keperawatan profesional. Peran perawat anak meliputi pemberi perawatan, advokat keluarga, pendidikan, konseling, kolaborasi, pengambil keputusan etik, dan peneliti. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan peran perawat anak dengan tingkat kepuasan keluarga selama proses hospitalisasi anak di ruang anak RSD Balung Jember. Desain penelitian menggunakan observasional analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh keluarga pasien anak di ruang rawat inap anak Rumah Sakit Daerah Balung Jember. Teknik sampling menggunakan quota sampling yaitu dengan jumlah sampel 35 responden. Alat pengumpulan data menggunakan x kuesioner yang telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Data dianalisis menggunakan Chi Square untuk mengetahui hubungan peran perawat anak dan kepuasan keluarga selama proses hospitalisasi anak di ruang anak RSD Balung Jember. Hasil analisis karakteristik perawat di ruang rawat inap anak RSD Balung Jember menunjukkan seluruhnya berjenis kelamin perempuan, mayoritas pendidikan terakhir perawat adalah D3, sebagian besar perawat adalah Non-PNS, sebagian besar gaji perawat dibawah UMK Kabupaten Jember, dengan masa kerja tersingkat adalah 7 bulan dan masa kerja terlama adalah 225 bulan. Hasil analisis karakteristik responden menunjukkan lebih dari 50% responden berumur 20-29 tahun, mayoritas jenis kelamin perempuan, pendidikan terakhir responden terbanyak SMP, pekerjaan responden terbanyak ibu rumah tangga, sebagian besar pendapatan responden dibawah UMK Kabupaten Jember, dan lebih dari 50% responden bersuku Jawa. Hasil uji statistik menunjukkan lebih dari 50% responden menilai bahwa peran perawat anak baik. Indikator peran perawat anak yang yang memiliki kategori paling baik yaitu peran sebagai pemberi perawatan dan indikator peran perawat anak yang memiliki kategori paling kurang yaitu peran sebagai peneliti. Hasil uji statistik menunjukkan lebih dari 50% responden memiliki tingkat kepuasan yang tinggi. Indikator kepuasan keluarga yang memiliki kategori paling tinggi adalah aspek kepedulian dan indikator kepuasan keluarga yang memiliki kategori paling rendah adalah aspek bukti fisik. Terdapat hubungan antara peran xi perawat anak dengan tingkat kepuasan keluarga selama proses hospitalisasi anak di ruang rawat inap anak RSD Balung Jember. Pelaksanaan peran perawat anak yang optimal memberikan tingkat kepuasan yang tinggi. Kepuasan yang tinggi menciptakan pengalaman positif dan loyalitas terhadap pelayanan rumah sakit. Loyalitas pasien dapat menjadi kekuatan dan dapat memberikan dampak positif pada rumah sakit. Sehingga pasien akan kembali ke rumah sakit dan menggunakan jasa pelayanan kesehatan lagi dimasa yang akan datang.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries112310101033;
dc.subjectpediatric nurses roleen_US
dc.subjectfamily satisfactionen_US
dc.subjectnursing careen_US
dc.titleHubungan Peran Perawat Anak Dengan Tingkat Kepuasan Keluarga Selama Proses Hospitalisasi Anak Di Ruang Anak Rsd Balung Jemberen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record