dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bahan ajar berbasis metode hypnoteaching untuk memotivasi siswa SMP dalam belajar IPA pada materi energi terbarukan yang memenuhi syarat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini merujuk pada model pengembangan Thiagarajan (1974). Penelitian ini dilakukan dalam empat tahap yaitu: tahap pertama pendefinisian, tahap kedua adalah perancangan, tahap ketiga pengembangan yang dalam prosesnya baik instrumen angket untuk mengukur motivasi belajar IPA dan bahan ajar berbasis metode hypnoteaching dilakukan validasi, dan tahap ke empat menguji hasil pengembangan dengan menggunakan rancangan one group pretest-posttest design pada siswa kelas VII A, VII C, dan VII D SMP Negeri Genteng. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pengamatan, dokumentasi, angket, dan wawancara. Sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t berpasangan. Hasil penelitian ini dianalisis secara deskriptif dan didapatkan beberapa temuan: (1) bahan ajar berbasis metode hypnoteaching yang telah dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid dengan skor rata-rata 3.82; (2) selama penggunaan bahan ajar berbasis metode hypnoteaching tidak ditemukan kendala yang dapat mempersulit siswa untuk belajar menggunakan bahan ajar yang telah dikembangkan oleh peneliti sehingga memenuhi kriteria kepraktisan; (3) hasil pengembangan bahan ajar berbasis metode hypnoteaching efektif digunakan untuk memotivasi siswa SMP dalam belajar IPA pada materi energi terbarukan dengan hasil analisis data menggunakan uji-t pada ketiga sampel penelitian menunjukkan adanya kenaikan secara signifikan. Berdasarkan beberapa temuan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa hasil pengembangan bahan ajar berbasis metode hypnoteaching memenuhi syarat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan sehingga dapat memotivasi siswa SMP dalam belajar IPA pada materi energi terbarukan | en_US |