dc.contributor.advisor | Salikin, Hairus | |
dc.contributor.advisor | Supriono, Hari | |
dc.contributor.author | INTAN KUSUMA NINGRUM, YUNIATRI | |
dc.date.accessioned | 2017-02-10T01:56:23Z | |
dc.date.available | 2017-02-10T01:56:23Z | |
dc.date.issued | 2016 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79243 | |
dc.description.abstract | Pokok artikel ini ialah kemampuan beradaptasi mahasiswa asing angkatan 2014 di Program Studi Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember. Di dalam konteks proses pembelajaran, khususnya mahasiswa asing, kemampuan beradaptasi berperan penting karena memungkinkan mahasiswa asing tidak hanya belajar berinteraksi dengan teman-teman seangkatannya tapi juga mendorong mereka untuk memperoleh proses pembelajaran yang lebih baik. Dalam teori sosio-kultural milik Lev Vygotsky (1978) disebutkan jika aktivitas kognitif individu lebih banyak diperoleh melalui interaksi sosial dengan lingkungan sekitar bukan hanya mengandalkan kinerja otak individu itu sendiri secara neurobiologis. Selain kemampuan beradaptasi, artikel ini juga mengulas tentang ‘bakat berbahasa’ (language aptitude) dari mahasiswa Thailand tersebut. Pembahasan mengenai ‘aptitude’ ini didasari oleh asumsi mahasiswa Thailand tentang ketidakberhasilan mereka di dalam proses pembelajaran pada tahun pertama di Program Studi Sastra Inggris. Tujuan dari penelitian ini ada dua, yaitu (i) mengklarifikasi asumsi mahasiswa Thailand tentang ketidakberhasilan pembelajaran mereka melalui tes PLAB; dan (ii) mengetahui efek dari kemampuan adaptasi mahasiswa Thailand terhadap proses pembelajaran mereka. Selain teori sosio-kultural milik Lev Vygotsky, kajian ini juga didukung beberapa teori lain seperti ‘aptitude’ milik Paul Pimsleur. Hasil dari kajian ini ialah asumsi tentang ketidakberhasilan di dalam proses pembelajarn hanya terbukti pada dua mahasiswa asing perempuan. Sedangkan untuk mahasiswa laki-laki, asumsi tersebut sedikit merendahkan kemampuan berbahasanya. Selain itu, kemampuan beradaptasi ternyata memiliki dampak di dalam proses pembelajaran mahasiswa Thailand tersebut. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | UNEJ_PRESS | en_US |
dc.relation.ispartofseries | ARTIKEL ILMIAH MAHASISWA; | |
dc.subject | kemampuan beradaptasi, | en_US |
dc.subject | ‘aptitude’ | en_US |
dc.subject | mahasiswa asing | en_US |
dc.subject | proses pembelajaran | en_US |
dc.title | THE EFFECT OF ADAPTABILITY OF 2014 ACADEMIC YEAR INTERNATIONAL STUDENTS TOWARD THE LEARNING OF EFL IN ENGLISH DEPARTMENT FACULTY OF HUMANITIES JEMBER UNIVERSITY (Dampak dari Kemampuan Beradaptasi Mahasiswa Asing Angkatan 2014 terhadap Pembelajaran Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing di Program Studi Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember) | en_US |
dc.type | Article | en_US |