• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Culture (Cultural Knowledge)
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Culture (Cultural Knowledge)
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kajian Tata Rias dan Kostum Tokoh Maleficent

    Thumbnail
    View/Open
    ERNIK QURROTUL AINI - 110110401016.pdf (2.927Mb)
    Date
    2017-01-31
    Author
    AINI, ERNIK QURROTUL
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini akan mengkaji karakter tokoh Maleficent sebagai seorang peri. Selain mengkaji karakter tokoh Maleficent, penelitian ini juga mengkaji tata rias dan kostum yang dikenakan oleh tokoh Maleficent dengan menggunakan teori semiotika Charles Sanders Peirce. Teori semiotika Peirce yang akan digunakan adalah klasifikasi jenis tanda yaitu ikon, indeks dan simbol. Klasifikasi jenis tanda tersebut akan digunakan untuk memaknai tata rias dan kostum yang digunakan tokoh Maleficent ketika Maleficent kecil, dewasa, berkarakter protagonis dan antagonis. Tata rias dan kostum seorang tokoh dapat memberikan berbagai informasi untuk mengetahui karakter yang diperankan seorang tokoh, sehingga untuk memaknai tata rias dan kostum tokoh Maleficent, klasifikasi jenis tanda yaitu ikon, indeks, dan simbol cocok digunakan sebagai pisau bedah. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa karakter tokoh Maleficent sebagai nonmanusia didukung dengan tata rias dan kostumnya. Karakter nonmanusia Maleficent sebagai seorang peri menunjukkan fisiknya sebagai seorang wanita dewasa dengan dua tanduk di kepalanya dan dua sayap di punggungnya. Tata rias dan kostum yang digunakan Maleficent mendukung karakternya sebagai seorang peri hutan. Karakter tokoh Maleficent juga mengalami perkembangan mulai dari Malleficent kecil, Maleficent remaja dan Maleficent dewasa yang diperankan oleh tiga orang yang berbeda. Proses perubahan karakter dari protagonis menuju antagonis kemudian kembali menjadi protagonis terjadi saat Maleficent sudah dewasa. Malefient pada awalnya memiliki karakter yang baik namun berubah jahat karena penghiatan yang dilakukan oleh orang yang dicintainya. Namun, Maleficent mulai berubah setelah mengawasi Aurora dan pada akhirnya menjadi baik setelah berinteraksi dengan Aurora. Tata rias dan kostum tokoh Maleficent juga mendukung perubahan karakternya dari protagonis menjadi antagonis kemudian kembali menjadi protagonis. Tata rias dan kostum tokoh Maleficent ketika berperan protagonis berbeda dengan saat berperan antagonis kemudian kembali menjadi protagonis. Pada karakter protagonis Maleficent dibagi menjadi tiga yakni Maleficent kecil, Maleficent dewasa, dan Maleficent pasca antagonis. Tata rias dan kostum Maleficent kecil dan dewasa menggunakan riasan yang terlihat alami dengan kostum sederhana. Nuansa warna yang digunakan oleh Maleficent kecil dan dewasa adalah warna coklat dan hijau tua kehitaman. Berbeda dengan tata rias dan kostum tokoh Maleficent kecil dan dewasa, Maleficent parca antagonis adalah karakter protagonis Maleficent setelah menejadi
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79204
    Collections
    • UT-Faculty of Culture (Cultural Knowledge) [2318]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository