dc.description.abstract | Globalisasi telah mencakup beberapa aspek kehidupan manusia di bumi.
Pada bidang ekonomi misalnya, telah terjadi perubahan paradigma seperti
beralihnya ekonomi dari sektor barang ke sektor jasa. Meningkatnya pertumbuhan
sektor jasa juga didorong oleh meningkatnya kemakmuran masyarakat yang
secara tidak langsung membutuhkan layanan jasa lebih guna meningkatkan
kenyamanan hidupnya. Bisnis kursus musik menjadi salah satu bisnis di bidang
jasa yang telah berkembang cepat. Didasari oleh fenomena banyaknya musisimusisi
baru yang bermunculan dan berkembangnya kursus musik baik yang
bertaraf nasional maupun internasional akhir-akhir ini, selain itu menjamurnya
komunitas band indie, dan momentum bahwasanya para remaja banyak yang
ingin ikut kursus musik untuk mengembangkan kemampuan bermusiknya,
sehingga peluang usaha kursus musik ini terbilang sangat menjanjikan.
Banyaknya usaha kursus musik yang telah berdiri maka membuat masyarakat
semakin banyak pilihan. Masyarakat akan menilai kursus musik mana yang akan
memberikan pelayanan maksimal serta memberi mereka kelebihan daripada yang
lain. Dengan adanya hal tersebut perusahaan memiliki strategi untuk mendapatkan
dan mempertahankan konsumen yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
menganalisis pengaruh Kualitas Jasa dan Harga terhadap Loyalitas pelanggan
melalui Kepuasan pada Kursus Musik Pindhank Art Jember.
Obyek pada penelitian ini adalah pelanggann kursus musik Pindhank Art.
Dengan Populasi pada penelitian ini adalah semua pelanggann kursus musik
Pindhank Art. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah konsumen kursus
musik Pindhank Art yang berumur minimal 17 tahun dan telah melakukan
pembelian minimal 2 kali, dengan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 112
responden, yang diperoleh dari seluruh variabel indikator yang digunakan
dikalikan dengan 7. Dalam kajian ini jumlah indikator variabel seluruhnya
berjumlah 16. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
analisis jalur, untuk mengetahui pengaruh secara langsung dan tidak langsung dari
masing-masing variabel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas jasa berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan, variabel harga berpengaruh signifikan terhadap
kepuasan, variabel kualitas jasa berpengaruh signifikan terhadap loyalitas
pelanggan, variabel harga berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan,
serta variabel kepuasan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. | en_US |