• Login
    View Item 
    •   Home
    • LECTURER RESEARCH REPORT (LEMLIT)
    • LRR-Hibah Bersaing
    • View Item
    •   Home
    • LECTURER RESEARCH REPORT (LEMLIT)
    • LRR-Hibah Bersaing
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENGAJARKAN KETERAMPILAN BERARGUMENTASI ILMIAH DAN MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA SISWA SMK

    Thumbnail
    View/Open
    Abstrak dan Executive Summary.pdf (89.88Kb)
    Date
    2017-01-24
    Author
    Supeno
    Handono, S
    Astutik, S
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Keterlibatan siswa dalam bernalar melalui kegiatan berargumentasi ilmiah merupakan komponen penting dari literasi sains. Namun demikian hasil studi PISA menunjukkan bahwa literasi sains, termasuk keterampilan berargumentasi siswa Indonesia masih rendah. Model pembelajaran sangat diperlukan dalam menunjang terwujudnya literasi sains siswa, termasuk keterampilan berargumentasi. Beberapa model pembelajaran dapat diterapkan dalam pembelajaran, di antaranya adalah model inkuiri, BSCS 5E, dan Argument Driven Inquiry, namun model-model tersebut memiliki beberapa kelemahan terutama untuk melatihkan keterampilan bernalar dan berargumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran beserta perangkat pendukungnya dengan mengintegrasikan lima pengalaman belajar pokok (5M) melalui pendekatan saintific yang dapat melatihkan berbagai keterampilan, termasuk keterampilan bernalar dan berargumentasi sehingga dapat memfasilitasi siswa dalam mencapai kompetensi yang diharapkan. Target akhir dari penelitian ini adalah diperolehnya model pembelajaran dan perangkat pendukung model yang valid, praktis, dan efektif. Hasil validasi pakar menunjukkan bahwa model pembelajaran yang dikembangkan valid secara isi dan konstruk. Hasil validasi pakar menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran valid dan dapat digunakan untuk mendukung implementasi model. Hasil uji terbatas dan uji luas dalam pembelajaran fisika di SMK menunjukkan bahwa model terbukti praktis dan efektif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model layak diterapkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran fisika dan keterampilan berargumentasi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79144
    Collections
    • LRR-Hibah Bersaing [348]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository