Show simple item record

dc.contributor.advisorHasanuddin, Ahmad
dc.contributor.advisorYunarni, Wiwik
dc.contributor.authorArumsari, Novita Putri Sekar
dc.date.accessioned2017-01-18T01:50:09Z
dc.date.available2017-01-18T01:50:09Z
dc.date.issued2017-01-18
dc.identifier.nim141910301115
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/78792
dc.description.abstractJalan Brawijaya merupakan jalan kolektor primer di Jember yang berstatus jalan nasional. Lokasi penelitian ini mempunyai panjang ± 2.660 km. Lebar jalan Brawijaya adalah 9,8 m, yang terdiri dari 2 lajur 2 arah. Volume lalu lintas Jalan Brawijaya per jam pada jam puncak (v) yang di dapat dari Dinas Perhubungan Kabupaten Jember pada tahun 2016 sebesar 2550 smp/jam, kapasitas sebesar ± 2775 smp/jam, sehingga v/c sebesar 0,93 dan tingkat pelayanan berada di Level E. Menurut Peraturan Menteri Pehubungan RI No.96 tahun 2015 tentang pedoman pelaksanaan kegiatan manajemen dan rekayasa lalu lintas, jalan kolektor primer sekurang-kurangnya memiliki tingkat pelayanan pada level B. Berdasarkan data tersebut, maka pada saat ini tingkat pelayanan Jalan Brawijaya tidak memenuhi syarat. Penelitian untuk merencanakan peningkatan Jalan Brawijaya Mangli- Tawang Alun Kabupaten Jember yang memenuhi mutu pelayanan transportasi menurut PM Perhubungan RI No.96 tahun 2015 tentang pedoman pelaksanaan kegiatan manajemen dan rekayasa lalu lintas dengan umur rencana untuk tingkat pelayanan adalah 10 tahun (2018-2027) dan tebal perkerasan lentur 20 tahun (2018-2037) yang mengacu pada peraturan-peraturan. Peraturan Menteri Pehubungan RI No.96 tahun 2015 dan Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 digunakan untuk merencanakan tingkat pelayanan. Standard Perencanaan Geometrik untuk Jalan Perkotaan tahun 1992 digunakan untuk merencanakan geometrik jalan raya. Pedoman Perencanaan Putaran Balik (U-Turn) tahun 2005 digunakan untuk merencankan putar balik. Pedoman Perencanaan Median Jalan tahun 2004 digunakan untuk merencanakan median jalan. Manual Desain Pekerjaan Jalan tahun 2013 digunakan untuk merencanakan perkerasan jalan raya.. Metode pelaksanaan penelitian ini adalah melakukan survei (survei volume lalu lintas selama 15 jam, survei komposisi kendaraan selama 24 jam, survei CBR menggunakan alat DCP, survei pemetaan menggunakan alat Total Station) dan analisa data (data LHR, data CBR, tingkat pelayanan, perekerasan lentur). Peningkatan jalan ini dapat memberi manfaat dalam pemberian rekomendasi peningkatan Jalan Brawijaya Mangli-Tawang Alun Kabupaten Jember kepada Dirjen Bina Marga agar tercapai jaringan jalan yang berkeselamatan dan bermutu baik bagi pengguna jalan. Hasil perencanaan meliputi tingkat pelayanan, perkerasan lentur, geometrik, median dan putar balik. Adapun hasil dari perencanaan peningkatan jalan brawijaya (mangli – tawangalun) untuk sebagai berikut: Perencanaan tigkat pelayanan jalan direncanakan jalan 6 lajur 2 arah terbagi sampai pada akhir tahun rencana, yaitu tahun 2027. Perencanaan tebal perkerasan lentur tebal laston (D1) 21 cm, tebal batu pecah kelas A (D2) 26 cm, tebal sirtu kelas A (D3) 16 cm. Perencanaan geometrik jalan lebar jalur 2(3 x 3m), lebar median 2 m, lebar trotoar 1 m, tipe jalan 6/2 D. Perencanaan median dan putar balik lebar median 2 m, jarak bukaan 21 m, jarak antar bukaan 1 km. Hasil perencanaan tersebut disajikan dalam bentk gambar.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectJALAN BRAWIJAYAen_US
dc.subjectMANGLI – TAWANGALUNen_US
dc.subjectKABUPATEN JEMBERen_US
dc.titlePERENCANAAN PENINGKATAN JALAN BRAWIJAYA (MANGLI-TAWANGALUN) KABUPATEN JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record